RSS

Dark Love

31 Oct

  • Pengarang               :    Ken Terate
  • Genre                      :    Drama
  • Tebal                       :    248 hlm ; 20 cm
  • Penerbit                   :    Gramedia
  • Harga                      :    40.000 IDR
  • Pertama terbit          :    6 September 2012
  • Cetakan                   :    September 2012
  • Tanggal Beli             :    10 September 2012

Usiaku 17 tahun, hampir 18. Kelas 12. Hampir lulus. Dan aku hamil…

Kirana yang cerdas, cantik, dan ceria melihat semua impiannya luruh di depan mata. Hari-harinya mulai dipenuhi rahasia dan kecemasan. Ia nggak mungkin mampu melahirkan dan merawat bayi. Ia juga nggak mungkin mampu menghadapi celaan dari orang-orang di sekitarnya, teman-temannya, guru-gurunya, terutama kekecewaan orangtuanya. Saat ini Kirana berada di ambang jurang keputusasaan. Hidup seolah tidak menawarkan solusi apa pun padanya.

Bagaimana dengan cowok yang menghamilinya? Oh, cowok itu harus tetap sekolah. Dia nggak boleh terlibat. Dia cowok paling tampan dan paling cerdas di sekolah. Masa depannya begitu gilang gemilang. Kirana tidak ingin merusaknya. Siapakah dia? Kirana takkan pernah mau mengakuinya.

Review :

Dark Love adalah novel karya Ken Terate pertama yang aku koleksi. Padahal guys, sebelum ini beberapa novel beliau suda aku baca lhoo. Tapi dulu kalo ngga pinjem di perpus sekolah ya pinjem dari temen aja. Hhihi.. Maklum, SMA awal aku belum begitu mengenal baik karya sastra bentuk novel ini ^.-v Akhirnya sekarang aku punya salah satu novel beliau. Dan aku suka novel ini. Serius 😀 Hmm, ada sedikit cerita ni tentang Kak Ken Terate. Sebenernya, Kak Ken Terate dulu istri guru les ku jaman aku masi SMA. Maksudku, sampai sekarang Kak Ken Terate masih istrinya Pak Sus (itu panggilan kami buat beliau) ^^ Dulu waktu aku SMA, aku les di sebuah lembaga bimbingan belajar di Jogja. Naaah, Pak Sus ini tentor les ku, dan  ternyata lagi, beliau ini suami dari Kak Ken Terate 😀 Bahkan duluuu, saking bengak nya otak aku di pelajaran matematika, aku sama dua temanku sampai les privat sama beliau oey. Hhaha.. Semoga Pak Sus dan Kak Ken Terate sehat dan bahagia selalu yaaaa.. Apalagi sekarang uda ada si kecil. Selamaaat! 😀

Aduh, kenapa jadi kaya curhat gini. Hhihi.. Ga papa yaa aku singgung dikit memori terdahulu. Yah, walaupun uda memori 4 tahun yang lalu sih. Alamak, jadi kangen masa SMA 😉 Aaah, sudalah. Balik ke Dark Love. Hhehe.. Novel ini, walaupun mengangkat tema yang cukup umum terjadi di sekitar kita, mengenai kehamilan remaja, namun penuturan ceritanya memberikan sudut pandang tersendiri dan sejujurnya, aku sangat suka.

Cerita di sampaikan oleh sang tokoh utama, Kirana, dengan menggunakan sudut pandang orang pertama. Jadi kita bakal diajak untuk merasakan apa yang Kirana rasakan. Yang aku suka, Kak Ken Terate berhasil membuat tokoh Kirana begitu hidup, sifatnya sangat khas anak remaja. Ditambah dengan keresahan dan keputusasaan yang kerap di rasakan oleh Kirana terkait konflik cerita.

Satu lagi yang aku suka dari novel ini, dari awal Kak Ken Terate ngga ada menyebutkan siapa sih cowoknya Kirana ini?? Dari awal, Kirana hanya mengenalkan cowoknya dengan panggilan “My Prince”. Sebenernya, kita di beri pilihan tebak, yaitu 3 cowok yang menjadi teman main Kirana. Tapi sumpa, saking penasarannya, langsung aku lahap ni novel selama 4 jam. Hhaha.. Abisnya, rasanya tanggung terus tiap mau tutup buku. Alhasil, jam 2 malam aku baru kelar baca ni novel 😛 Tapi tenang, ngga mengecewakan kok. Aku suka akhir ceritanya. Dan sejujurnya aku salah tebak siapa sih cowok Kirana. Hhihi.. Abisnya, clue nya bener-bener samar atau kadang menjebak siih 😀 Tapi aku salut lah sama Kak Ken Terate. Asik novelnya ^.-d

Jadi gini cerita Dark Love secara garis besar. Kirana, sekarang kelas 3 SMA, bersiap untuk ujian akhir dan daftar kuliah. Di sekolah, dia punya sahabat-sahabat baik, Maria dan Chacha, serta 3 cowo cakep dan pinter, yah, tipe idola banget lah di sekolah. Mereka Alvin, Banyu, dan Andra. Mereka berenam punya band, tapi karena mereka harus fokus ujian, mereka membubarkan diri. Tapi sebenernya, ada hal lain yang membuat pertemanan mereka sedikit renggang, karena ada yang cinlok. Yups. Sejak awal terbentuk band ini, mereka punya aturan, sesama anggota dilarang ada yang pacaran. Nah lhooo.. Itulah kenapa akhir-akhir ini keadaan berubah kacau. Karena Maria suka salah satu cowo itu, dan Chacha juga sepertinya melakukan pdkt, sementara Kirana sendiri, well, dia menyembunyikan fakta bahwa ia berpacaran dengan salah satu cowo itu dan bahkan sedang mengandung anaknya! -.-a

Kemudian, masalah lain bagi Kirana adalah fakta bahwa ia menjadi anak kebanggaan dan harapan bagi kedua orang tuanya. Hal ini dikarenakan oleh keadaan kakak Kirana, Kak Rani, yang memutuskan untuk membangkang dan keluar dari kampusnya, yang jelas membuat murka ayahnya sehingga kini Kak Rani tidak lagi di bawah naungan orang tua Kirana. Itulah kenapa Kirana jadi harapan kedua orangtuanya, dan jelas, kehamilannya bakal jadi guncangan tersendiri bagi kedua orang tua yang tidak ingin ia kecewakan ini. Tapi yang jelas, saat Kirana membutuhkan dorongan, aku suka bagaimana sang kakak yang berusaha untuk melindungi Kirana dari amukan ayahnya. Ikatan saudara yang manis J

Kemudian masalah ketiga yang harus dihadapi Kirana, adalah masalah akademis. Kirana sosok yang tekun, pintar dan kebanggan sekolah. Tipe pelajar teladan. Nah, karena kehamilannya ini, jelas ia akan mendapat ancaman dikeluarkan dari sekolah bahkan sebelum ujian akhir. Hhu.. Lika-liku kehidupan Kirana yang rumit dimulai sejak ia mendapati dirinya hamil. Itulah kenapa guys, Ken Terate memberikan cukup banyak pelajaran dari novel karyanya ini. Semoga dapat bermanfaat dan semoga kejadian yang dialami oleh Kirana bisa menjadi gambaran buat para remaja untuk menjaga diri dari godaan nafsu. Pintar-pintar menjaga diri yaaa J

Ratingku buat novel ini : 7,8

 
7 Comments

Posted by on October 31, 2012 in TeenLit

 

7 responses to “Dark Love

  1. Kilas Buku

    October 31, 2012 at 5:14 pm

    jadi ada pesan yang bagus ya di dalam novel ini, bukan sekedar teenlit 🙂

     
  2. ain_zhe

    November 17, 2012 at 9:30 am

    bagus banget ceritanya .. jadi penasaran.. siapa ya my prince itu :/

     
  3. Rizka

    January 5, 2013 at 6:43 pm

    ceritanya keren ^^ suka bgtt, gak nyesel kemaren beli novelnya 😀 pdhl belum tau blas sama isi novelnya gimana 😀

     
  4. soorara

    February 11, 2013 at 6:12 pm

    ada yang masih jual ga sih

     
  5. twiftioner

    March 18, 2013 at 5:37 pm

    bisa didownload di mana ya???

     
  6. nayacorath

    April 21, 2014 at 8:37 pm

    Yang pengin baca2 novel gratis, mampir ke sini yuk! 😉
    http://nayacorath.wordpress.com

     

you have a comment? just write here and post it ^^,