RSS

Category Archives: TeenLit

The Calypso Chronicles 4 – Dumping Princes


the-calypso-chronicles-4-dumping-princes

  • Pengarang   :   Tyne O’Connell
  • Genre   :   Drama
  • Tebal   :   272 hlm ; 20 cm
  • Penerbit   :   Gramedia
  • Harga   :   40.000 IDR
  • Pertama terbit   :   2006
  • Cetakan   :   Juli 2012
  • Tanggal Beli   :   3 November 2012

 

Calypso Kelly, si cewek Amerika, gembira setengah mati bisa pacaran dengan Pangeran Freddie. Jadi ketika teman-temannya di sekolah berasrama St. Augustine’s di Inggris ramai-ramai memutuskan hubungan dengan cowok masing-masing supaya bisa lebih fokus belajar, Calypso tidak mau ikut-ikutan!
Sayangnya, malah Freds yang lebih dulu mencampakkan Calypso… Ini membuat cewek-cewek St. Augustine’s geram dan mendorong Calypso melakukan aksi Pencampakan Balasan.
Namun, dengan kompetisi anggar tingkat internasional di Italia yang akan diikuti Calypso, dan cowok keren yang menghujaninya dengan perhatian, bisakah rencana Pencampakan Balasan berhasil? Memangnya Calypso tega balas mencampakkan Freds? Dia kan pangeran…

Review :

Ahhahai, jumpa lagi di buku keempat The Calypso Chronicles! Setelah lama vakum, senang akhirnya bisa menghiasai layar PC kalian lagi guys. Hhahaha (dasar PeDe!) Yah, sebenernya ngga maksud vakum beneran yaaa.. Tapi karena kepadatan jadwal koas q, jadi aku sama sekali nda sempat baca novel lagi. Alhasil, novel”q menumpuk dan novel” baru semakin betebaran di rak-rak toko buku. Hhu.. Gemees, pingin beli lagi tapi kok yg dirumah masi banyak yg belum kebaca. Tapi ga papa. Sedikit demi sedikit yaaa aku sempatkan diri buat baca novel lagi. Kangen banget ma novel soalnya😀

So, kini akan kita bahas ni tentang The Calypso Chronicles 4 – Dumping Princes. Begitu mulai baca novel ini, kita langsung bisa ngerasa ke-khas-an karangan O’Connell, bahasanya sangat lugas dan sangaat santai. Kalo menurut aku pribadi, enak sih diikutin. Hhe.. Jadi, diawal cerita kita disuguhi cerita mengenai perjalanan Calypso dan kedua orang tuanya ─Sarah dan Bob─ menuju Kastil Harthnoon milik keluarga kerajaan untuk berakhir pekan bersama Pangeran Freddie dan keluarnya. Sebenarnya akhir pekan itu tidak terlalu lancar buat Calypso, terutama karena Freds yang menunjukkan tampang kecewa setelah tahu bahwa sakit pilek yang diderita Calypso hanya boongan biar Calypso ngga perlu ikut acara berburu bersama keluarga Freds. Lalu ada komentar yang cukup menohok dari Freds mengenai sandal yang seharusnya dipakai Calypso. Belum lagi adanya cecaran dari sahabat baiknya ─Star, yang sedang berusaha membuat Calypso mencampakan Freds. Ampun deh.. Tapi yang agak bikin “gemes” disini menurutku saat Calypso terus menerus merasa malu terhadap sikap orang tuanya yang kini kembali mesra dan selalu berciuman dimanapun dan kapanpun. Kalo aku sih seneng” aja dengan tingkah konyol orang tua Calypso. Hhahaha..

Kemudian waktunya kembali ke sekolah bagi Calypso. Untuk pertama kalinya setelah bertahun-tahun, ini kali pertama Calypso di antar kembali ke Saint Augustine’s oleh orang tuanya. Semester baru kali ini Calypso sekamar dengan Clementine alias Clems, yang gila cowok dan sentimental tapi menarik, dan Indiamacca alias Indie, putri dari Nigeria. Sedangkan Georgina sekamar dengan Izzie dan Beatrice, dan Star sekamar dengan Portia dan Arabella. Tak ada dari mereka yang sekamar dengan Honey O’Hare si cewek dengan banyak julukan jelek. Hhihi.. Tapi tetep aja, karena Honey ngga cocok dengan teman-teman sekamarnya, maka Honey sering nimbrung saat Calypso dan kawan-kawan berkumpul😛 Yang lucu disini, Honey punya pengawal baru bernama Siddhartha, seorang biksu, pemuda Buddha berjubah orange. Honey selalu merasa dirinya akan diculik dan ayahnya memberi ia seorang pengawal yang menurutnya dapat menjaga Honey. Hadeh, ada-ada ajaaa..

Tapi tentu saja kehidupan sekolah berlanjut. Terutama dengan latihan anggar Calypso dan Portia yang semakin ketat serta pelajaran-pelajaran lain yang membosankan. Hingga akhirnya sampai ke akhir minggu yang sangat dinantikan Calypso karena ia ingin bertemu dengan Freds di Windsor. Tapi guys, pertemuan kali ini malah menjadi saat yang menyebalkan karena Freds mencampakan Calypso dengan alasan Calypso harus fokus untuk ujian GCSE dan turnamen anggar nya. Calypso masih merasa ngambang sampai akhirnya ia tiba di Saint Augustine’s 2 jam lebih awal dari batas waktu pulang. Bahkan  ia baru sadar kalau ternyata ia meninggalkan Clems dan Arabella di Windsor. Dengan perasaan bingung, ia pun pergi ke Aula musik untuk menemui Star dan Indie. Tapi ternyata ia juga mendapati Malcolm disini, dan cowok itu terang-terangan mengatakan, “Aku yakin kau butuh minuman setelah dicampakan” sembari menawari Calypso sebuah botol kecil berisi sampanye.

Setelah Calypso dan kawan-kawan sudah berkumpul, mereka memaksa Calypso untuk melakukan aksi Pencampakan Balasan terhadap Freddie. Bahkan ─yang lebih lucu─ teman-teman kelas sebelasnya , Suster Constante dan para suster lain serta para pengawas asrama, ikut mendukung aksi Pencampakan Balasan ini. Ceritanya sih karena tidak boleh ada yang boleh mencampakan anak Saint Augustine’s kecuali anak Saint Augustine’s sendiri yang mencampakan cowo nya. Hmm.. Latar belakang yang egois sebenarnya.

Tapi nanti rencana mereka ini tidak sepenuhnya berhasil. Pasalnya, saat proses drama “membuat Freddie cemburu dan menyesal telah meninggalkan Calypso” dilakukan, Freddie malah kecelakaan. Tentu saja Calypso merasa sangat bertanggung jawab atas terjadinya bencana ini. Belum lagi karena sebelum Freds kecelakaan, ia melihat Calypso berciuman hangat dengan Malcolm. Hmm..

Sayangnya, sangat sulit menembus pertahanan informasi Eades, yang artinya, Calypso tidak akan mendapatkan bocoran berita apapun tentang sang pangeran. Calypso disergap keletihan dan kemalasan berat setelah berusaha menghubungi Freds namun tak ada kabar. Padahal esok harinya, Ia dan Portia harus terbang ke Florence untuk menghadiri kompetisi anggar Internasional ini. Dengan sangat berat hati, esoknya ia dan Portia dengan di dampingi oleh Mr. Wellend, pelatih anggar mereka yang nyentrik, dan Suster Regina serta Suster Bethlehem, berangkat ke Bandara untuk berkumpul dengan anggota Tim lainnya, terutama musuh bebuyutan Calypso, Jenny Frogmorten.

Setelah tiba di Florence, cerita makin berkembang dan malah kearah lain. Maksudku, well, untuk sesaat kita akan melupakan Freds, dan malah si Malcolm lah yang selalu hadir di sisi Calypso. Hhehe.. Ceritanya ni, gampangnya, mereka lagi pedekate gitu. Tapi entah kenapa aku suka karakter Calypso saat bertemu dengan Malcolm. Terutama yang berhubungan dengan Anak Itik yang malang. Lucuu😀 Tapi biar gimana-gimana, Calypso tetap saja memikirkan Freds. Nah lhooo.. Akhirnya Calypso ama sapa hayoo?? Balikan ma Freds apa malah ama Malcolm?? Hhehehe.. Yang jelas, menurutku pribadi, akhir kisah Calypso cukup menarik. Calypso Kelly membuktikan kesetiaannya  ^.-d

Ratingku buat novel ini : 7,6

 
Leave a comment

Posted by on December 2, 2016 in TeenLit

 

Mawar Merah 2 – Metamorfosis


mawar merah 2-metamorfosis

  • Pengarang   :   Luna Torashyngu
  • Genre   :   Drama, Action
  • Tebal   :   304 hlm ; 20 cm
  • Penerbit   :   Gramedia
  • Harga   :   35.000 IDR
  • Pertama terbit   :   2009
  • Cetakan  :   Maret 2009
  • Tanggal Beli   :   31 Agustus 2011

Riva mencoba memulai menata kembali kehidupannya yang sempat berantakan karena kehadiran Elsa. Dia kembali kuliah, bahkan udah mulai mengerjakan tugas akhir. Tapi kemudian serentetan peristiwa aneh terjadi. Dimulai dari putusnya kontak antara Riva dan Arga yang lagi magang di Jerman secara tiba-tiba, tewasnya kedua orangtua Riva, dan puncaknya saat dia dikejar-kejar orang yang akan membunuhnya.

Untung ada yang menyelamatkan Riva. Dan bersama penolongnya, Riva mencari tahu kenapa dia akan dibunuh. Apa ini berhubungan dengan Rachel, yang setelah enam bulan menghilang masih juga menimbulkan spekulasi di antara para agen rahasia yang mengejarnya?

Riva ngga tahu bahwa dia sedang berhadapan dengan salah satu organisasi kejahatan paling tua di seluruh dunia yang sangat menginginkan kematiannya! Dan dia harus menghadapi itu semua tanpa bantuan orang-orang yang sangat disayanginya!

Review :

Haii, ketemu lagi di Mawar Merah series😀 Kali ini kita disambut dengan adegan aksi dari usaha penangkapan tim SWAT terhadap Lotus di salah satu sudut kota Los Angeles. Saat itu kondisi Lotus mulai tersudut karena ia mengalami luka tembak di salah satu paha nya. Tapi kemudian muncul Double M yang menolongnya.

2 tahun kemudian, seorang Direktur Operasi CIA bernama Brad Greene sedang menjalanankan Operasi Bunga yang bersifat rahasia. Operasi ini bertujuan untuk memburu, menangkap atau membunuh para pembunuh bayaran mantan anggota SPIKE yang memiliki nama panggilan berbagai macam bunga. Brad punya misi memindahkan ‘muatan’ dari Libya hingga ke perbatasan Mesir. Tapi sayang, operasi ini berantakan karena konvoi tentara AS di Libya diserang oleh kelompok milisi bersenjata yang berada di wilayah timur Libya dan menamakan dirinya Pedang Tuhan. Brad makin geram saat mengetahui bahwa ‘muatan’ mereka juga menghilang dibawa Pedang Tuhan. Maka Brad memerintakan sepasukan NAVY SEAL untuk menyelinap ke atas kapal berbendera Mesir yang dinaiki oleh para anggota Pedang Tuhan, hanya untuk mengambil kembali ‘muatan’ yang ternyata adalah seorang gadis berusia 20 tahunan.

Rupanya, lagi-lagi misi mereka gagal. ‘Muatan’ berhasil dipindahkan terlebih dahulu oleh seorang lelaki berusia 70 tahunan yang ternyata adalah Shunji Nakayama, orang yang dulu merawat Rachel sejak kecil.

Di satu sisi, Rivania yang akrab dipanggil Riva, kini sedang menjalani praktik kerja lapangan di Cosmo TV. 6 bulan telah berlalu dan tragedi ‘meninggalnya’ Elsa alias Rachel, sahabat baru Riva yang ternyata adalah seorang pembunuh bayaran itu telah berhasil merubah hidup Riva. Cewek yang kini mulai menjalani Kerja Praktik (KP) ini meyakini bahwa Elsa sebenarnya masih hidup, walaupun Elsa telah dianggap meninggal saat ledakan kapal beberapa bulan yang lalu. Tidak jauh berbeda dengan keadaan Riva yang merindukan temannya ─Elsa, Saka sepupu Riva juga masing sering memikirkan Elsa. Pasalnya, Saka yang dulu anggota Interpol tapi sekarang hanya bekerja di bagian administrasi ─karena ia telah ditarik dari Interpol akibat tindakannya yang dianggap menyalahi protokol pada peristiwa 6 bulan yang lalu─ memiliki sejarah cinta dengan Elsa alias Rachel alias Mawar Merah. Tapi kemudian datang Irwan, mantan rekan Saka yang menawari Saka untuk bergabung dengannya, mencari tahu apa hubungan Mawar Merah dengan Operasi Bunga. Saka pun penasaran.

Kemudian kita akan disajikan sebuah cerita mengenai Widya Rahmawati alias Mrs. Widya Watson, ibunda dari Rachel yang telah siuman dari koma 11 tahunnya namun kini menjadi tawanan para CIA. Pasalnya, dengan alasan kesehatan Mrs. Watson, beliau harus tinggal di dalam sebuah ruangan yang terfasilitasi namun terjaga ketat. Sebagai mantan wartawan, beliau memiliki insting yang mengatakan bahwa semua tindakan ini pasti ada hubungannya dengan putri nya yang sangat ingin ia temui namun bahkan permintaan untuk menghubungi keluarganya di Indonesia pun tidak juga terpenuhi.

Kemudian keadaan mulai memburuk bagi Riva. Ia mendapat kabar bahwa kedua orang tuanya mengalami kecelakaan dan meninggal. Berhari-hari ia diliputi kesedihan mendalam. Belum lagi dengan hilangnya kontak terhadap Arga, sang kekasih yang sedang magang di Jerman. Kemudian, ia mendapat telepon aneh yang mengatakan bahwa orang tuanya bukan meninggal karena kecelakaan, melainkan dibunuh. Dan sebenarnya ini sesuai dengan insting Saka yang menyatakan bahwa ada keanehan pada kecelakaan Oom dan Tante nya itu. Tapi sayang kemudian Saka kehilangan jejak sang sepupu karena Riva menghilang. Ya, Riva ternyata diburu oleh para pembunuh bayaran dan kini Lotus yang bertindak sebagai pelindungnya. Ternyata Lotus pernah mendapat tugas dari Mawar Merah, berbulan-bulan yang lalu karena Mawar Merah yakin, sesuatu akan menimpa dirinya dan ia mencemaskan keselamatan sahabatnya itu.

Lalu cerita kembali pada Shunji yang kini sedang menyembuhkan si gadis yang diselamatkannya. Namun sejujurnya guys, aku agak bingung dengan metode penyembuhannya😛

Kemudian kembali lagi pada Astuti Ratnaningsih, bibi dari Rachel, yang untuk ketiga kalinya pergi ke Amerika demi melacak keberadaan Widya, adiknya yang menghilang. Kali ini ia pergi dengan Dewi, sepupu dari suaminya. Tapi ternyata, setibanya di LAX Airport ia disambut oleh CIA dan diminta untuk mengikuti mereka. Disisi lain, Widya malah berhasil kabur dari pengawasan CIA dan dalam penerbangannya menuju Indonesia, lagi-lagi ia tertangkap. Tapi kali ini oleh Secret Service. Hadeeeeh.. Masalah makin pelik. Apalagi kini Riva ada di Singapore karena disembunyikan oleh Lotus. Tapi kemudian Lotus menyerahkan pengawasan Riva pada lelaki bernama Mr. Takashi, seorang ketua Yakuza. Well, hingga saat ini, yang bikin aku penasaran sebenernya Riva tu siapa sih kok sampai jadi buronan pembunuh bayaran dan Mawar Merah melindunginya melalui Lotus?? Hmm.. Kini saatnya kalian mencari tahu sendiri yaaaa gimana cerita selanjutnya. Karena, well, setelah aku baca hingga akhir, ku yakinkan kalian, akhir cerita nya bagus ^.~d Selamat membacaa!😀

Ratingku buat novel ini : 8,2

 
Leave a comment

Posted by on November 28, 2016 in TeenLit

 

Airhead 3 ─ Runaway


airhead 3-runaway

  • Pengarang               :    Meg Cabot
  • Genre                      :    Drama, Fantasy
  • Tebal                       :    328 hlm ; 20 cm
  • Penerbit                   :    Gramedia
  • Harga                      :    45.000 IDR
  • Pertama terbit          :    20 April 2010
  • Cetakan                   :    Mei 2012
  • Tanggal Beli             :    24 September 2012

“Di mana kau akan bersembunyi, kalau orang-orang tahu siapa dirimu?”

Em Watts kaget ketika Nikki Howard bilang dia menginginkan tubuhnya kembali; tubuh supermodel yang bukan lagi miliknya, tapi milik Em.

Sementara itu, selain menginginkan Nikki untuk menguak rahasia keji ayahnya, Brandon Stark juga menginginkan Em.

Dan Christopher juga berniat memanfaatkan Em untuk menyakiti Brandon… karena telah merebut Em dari sisinya, dan untuk menghancurkan Stark Enterprises.

Em sudah lelah. Lelah dimanfaatkan. Lelah dibohongi. Lelah diperintah siapa yang boleh dan tidak boleh dia cintai. Lelah pada kebohongan yang harus dia jalani.

Tapi ketika menemukan kebenaran tentang rahasia Nikki, Em tahu hanya ada satu orang yang bisa diandalkan.
Apakah Christopher bisa mengesampingkan perasaannya dan membantu Em mengungkapkan kejahatan Robert Stark pada dunia? Tapi memangnya adil melibatkan Christopher? Karena kalau cowok itu bersedia membantu, Stark Enterprises akan berusaha membuat mereka tewas, dan kali ini, untuk selamanya.
Mungkin lebih baik Em terus lari saja…

Review :

Astagaaa, akhirnya jumpa lagi nii. Maapkan aku ya teman”, dua bulan kemarin ngga sempat buat update. Aku sibuk banget sama koas ku. Bener-bener ngga sempat buat baca novel segala macem. Hhu.. Alhamdulillah ini ada senggang dan aku kangen banget buat otak atik blog lagi. Alhasil, posting deh review kali ini tentang Airhead 3 ─ Runaway. Selamat membaca dan semoga bermanfaat!😀

Emerson ─Em─ Watts a.k.a Nikki Howard ─sekarang─ sedang menjadi tawanan Brandon Stark. Kepada media, Brandon seolah membawa Nikki berlibur romantis di rumah pantai miliknya di South Carolina. Tapi ternyata, bersama mereka ada Nikki Howard yang asli, Steven Howard ─kakak Nikki, dan ibu mereka. Mereka sedang bersembunyi dari ayah Brandon yang kebetulan juga dibenci oleh Brandon.

Saat ini adalah saat dimana Em paling merana, terkucil. Karena selain fakta ia terjebak dalam tubuh supermodel yang supersibuk hingga menghancurkan nilai-nilai sekolahnya, tapi juga karena Nikki Howard terang-terangan menyatakan bahwa ia membenci Em dan menginginkan tubuhnya kembali saat itu juga. Ya, maksudnya saat itu juga adalah saat itu juga. Saat mereka sedang berada dalam pelarian. Nikki meminta Brandon untuk menyiapkan sebuah pembedahan lagi untuk menukar kembali otak keduanya. Hhm.. Bukannya ngga mau, tapi Em mulai membiasakan diri menjadi Nikki, dan sekarang Em merasa keberatan untuk kehilangan kehidupan barunya. Egois memang. Tapi sayang ia harus mengalah dengan Nikki.

Nah, disaat Em terpuruk, datang Christopher, cowok yang dulu sahabatnya, dan sekarang cowok yang ia cintai. Christopher akan menyelamatkannya, tapi Em menolak karena Christopher enggan membawa serta Nikki. Well, biar Nikki mengesalkan, Em masih punya perasaan dan tidak ingin meninggalkan Nikki dan keluarganya di tangan Brandon. Alhasil, Christopher marah dan pergi meninggalkan Em. Tapi esoknya, datang bala bantuan lain. Ternyata Frida ─adik Em, dan Lulu ─sahabat Em, datang menolong. Mereka juga ingin membawa kabur Em, tapi kali ini akhirnya seluruh keluarga Howard ikut serta. Bahkan Brandon terpaksa di buat pingsan dan di ikat agar tidak memberontak.

Sekembalinya mereka di New York, Em kembali ke kehidupan normal, setidaknya bagi Em akhir-akhir ini. Selain itu, Em sudah berhasil mengatasi Brandon dengan memaksa cowok itu berjanji agar tidak mengganggu teman-temannya lagi. Sedangkan keluarga Howard kini sedang mengungsi di tempat Gabriel Luna, seorang penyanyi yang sedang naik daun. Pagi itu, Em mendapat telepon dari ibunya bahwa ibu dan ayahnya ingin menemuinya. Kemudian Em pun menuju kafe yang sudah di janjikan. Orang tuanya membawa kabar mengejutkan, bahwa mereka memutuskan untuk membawa Em ke pusat pemulihan karena mereka menilai Em sedang sangat tertekan. Tentu saja Em langsung berpamitan. Ia tidak ingin mendengar lebih jauh lagi apa rencana orangtuanya.

Seakan belum cukup buruk, saat Em keluar dari pintu cafe, ia melihat seseorang yang berdiri mengawasinya. Ya, lelaki itu ternyata menguntit dirinya. Christopher yang lagi-lagi menyelamatkannya. Tapi kini ia jadi merasa tidak cukup aman untuk mengunjungi keluarga Horward, takut kalo Robert Stark tahu bahwa Nikki Howard yang asli masih idup. Hhe..

Alih-alih ke tempat Gabriel, Christopher dan Em pergi ketempat Felix, sepupu Christopher yang sedang melakukan riset pada sistem keamanan Stark Enterprise. Yang mengejutkan, Felix dan Christopher menemukan fakta bahwa Stark sedang menjalankan Proyek Phoenix, yang entah bagaimana cara kerjanya, dan entah bagaimana melibatkan Em dan Nikki dulu. Disinilah peran Em kemudian. Saat malam tahun baru, sebelum dan seusai Pagelaran Stark Angels, Em mempertaruhkan nyawanya untuk mencari tahu apa itu Proyek Phoenix. Nah, akhir bahagia pun terjadi, tentu saja😀

Asal kalian tahu yaa, aku selalu suka mengikuti petualangan Em. Bahkan saat akhir-akhir diceritakan berbagai kisah menyenangkan dari para tokohnya. Bahkan Nikki Howard yang sangat menyebalkan pun bisa berubah lebih baik dan kini malah jadi sosok yang karakternya akhirnya terbentuk sempurna, dan aku membayangkannya sebagai gadis manis yang imut, bukan lagi seorang gadis cantik supermodel yang sombong😉 Akhir cerita yang menyenangkan buat segala pihak. Silakan baca buku ini guys kalau anda tertarik. Dari aku pribadi, ngga mengecewakan kok, menyenangkan malah :D Sampai jumpa di review selanjutnyaaaaaa…

Ratingku buat novel ini : 8,8

 
2 Comments

Posted by on January 7, 2013 in TeenLit

 

Beauty and the Best


  • Pengarang               :    Luna Torashyngu
  • Genre                      :    Drama
  • Tebal                       :    304 hlm ; 20 cm
  • Penerbit                   :    Gramedia
  • Harga                      :    37.000 IDR
  • Pertama terbit          :    Juni 2006
  • Cetakan                   :    November 2010
  • Tanggal Beli             :    7 Oktober 2011

Ira punya semua yang diinginkan cewek seusianya: kecantikan, profesi model, kepopuleran di sekolah, dan cowok yang keren dan tajir. Cuma satu kelemahan Ira: kalo ulangan pelajaran eksakta, nilainya nggak pernah lebih dari empat! Ini jelas lampu kuning buat Ira, apalagi dia udah kelas tiga SMA.

Karena itu, saat Ira nerima tantangan untuk bertaruh, siapa yang bisa lulus SPMB dan masuk perguruan tinggi dan jurusan yang passing grade-nya lebih tinggi, jelas teman-temannya nggak percaya. Jelas itu mission impossible! Gimana nggak? Lawannya Kelly, cewek paling pinter di sekolahnya!
Tapi Ira cuek. Dengan segala cara dia berusaha memenangkan taruhannya dengan Kelly, termasuk meninggalkan dunia model, dan minta diajar privat Aldo, anak “aneh” dan nggak punya teman di kelas, tapi pinter banget. Ira ingin ngebantah mitos yang mengatakan cewek cakep tuh kemampuan otaknya payah. Ira pengin semua orang tahu model kayak dia juga bersaing dengan ribuan lulusan SMA lain, dan masuk perguruan tinggi negeri terfavorit di negeri ini melalui jalur SPMB.

Review :

Oh Well, satu lagi novel Indonesia yang aku baca. Hhehe.. Beauty and the Best. Tapi menurutku nii, karena cerita novel ini terlalu simpel dan cukup mudah ditebak jalan ceritanya, aku ngga harus bikin review yang panjang lebar. Kalian cukup baca sinopsinya dan ,voila, kalian uda dapet garis besar ceritanya. Serius. Cerita ini enaaaaaak banget diikutin. Bacaan yang ringan tapi bermakna. Yang jelas, dari novel ini kalian akan mendapatkan sebuah kisah yang enak buat dinikmati sambil bersantai, dan yang jelas lagi, sebuah pelajaran mengenai pantang menyerah.

Tokoh Susana Irawani alias Ira, seperti yang suda kalian tahu, menerima tantangan dari cewek paling pinter di sekolahnya, Kelly. Tema nya, siapa yang bisa lulus SPMB dan masuk perguruan tinggi dan jurusan yang passing grade-nya lebih tinggi, dia yang menang dan dia berhak buat menyuruh yang kalah melakukan apapun yang dia mau. Hmm.. Sudah ketebak lah yang menang siapa. Tapi ternyata akhirnya ya ngga sampai disitu aja.

Melalui karakter Ira, kita diharapkan bisa menjadi seseorang yang pantang menyerah, jangan pesimis hanya karena mendengar pendapat buruk orang disekitar kita dan membuktikan, bahwa kita memang mampu mencapai apa yang menjadi target kita. Tapi melalui karakter Kelly, kita juga bakal mendapat pelajaran, bahwa kita harus yakin apa yang terbaik untuk kita dan jangan pernah takut mengambil keputusan, karena hidup kita ada di tangan kita sendiri, bukan tangan orang lain. Pada akhirnya, mereka menjalin persahabatan dengan menerima kekurangan masing-masing dan menjadikannya sebuah kelebihan dari masing-masing ^.-d

Terlepas dari itu semua, sejujurnya, aku lebih suka karya Luna yang lain, Mawar Merah. Lebih hidup rasanya. Hmm, mungkin karena ada actionnya yaa.. Hhi😀

Ratingku buat novel ini : 7

 
1 Comment

Posted by on November 4, 2012 in TeenLit

 

Dark Love


  • Pengarang               :    Ken Terate
  • Genre                      :    Drama
  • Tebal                       :    248 hlm ; 20 cm
  • Penerbit                   :    Gramedia
  • Harga                      :    40.000 IDR
  • Pertama terbit          :    6 September 2012
  • Cetakan                   :    September 2012
  • Tanggal Beli             :    10 September 2012

Usiaku 17 tahun, hampir 18. Kelas 12. Hampir lulus. Dan aku hamil…

Kirana yang cerdas, cantik, dan ceria melihat semua impiannya luruh di depan mata. Hari-harinya mulai dipenuhi rahasia dan kecemasan. Ia nggak mungkin mampu melahirkan dan merawat bayi. Ia juga nggak mungkin mampu menghadapi celaan dari orang-orang di sekitarnya, teman-temannya, guru-gurunya, terutama kekecewaan orangtuanya. Saat ini Kirana berada di ambang jurang keputusasaan. Hidup seolah tidak menawarkan solusi apa pun padanya.

Bagaimana dengan cowok yang menghamilinya? Oh, cowok itu harus tetap sekolah. Dia nggak boleh terlibat. Dia cowok paling tampan dan paling cerdas di sekolah. Masa depannya begitu gilang gemilang. Kirana tidak ingin merusaknya. Siapakah dia? Kirana takkan pernah mau mengakuinya.

Review :

Dark Love adalah novel karya Ken Terate pertama yang aku koleksi. Padahal guys, sebelum ini beberapa novel beliau suda aku baca lhoo. Tapi dulu kalo ngga pinjem di perpus sekolah ya pinjem dari temen aja. Hhihi.. Maklum, SMA awal aku belum begitu mengenal baik karya sastra bentuk novel ini ^.-v Akhirnya sekarang aku punya salah satu novel beliau. Dan aku suka novel ini. Serius😀 Hmm, ada sedikit cerita ni tentang Kak Ken Terate. Sebenernya, Kak Ken Terate dulu istri guru les ku jaman aku masi SMA. Maksudku, sampai sekarang Kak Ken Terate masih istrinya Pak Sus (itu panggilan kami buat beliau) ^^ Dulu waktu aku SMA, aku les di sebuah lembaga bimbingan belajar di Jogja. Naaah, Pak Sus ini tentor les ku, dan  ternyata lagi, beliau ini suami dari Kak Ken Terate😀 Bahkan duluuu, saking bengak nya otak aku di pelajaran matematika, aku sama dua temanku sampai les privat sama beliau oey. Hhaha.. Semoga Pak Sus dan Kak Ken Terate sehat dan bahagia selalu yaaaa.. Apalagi sekarang uda ada si kecil. Selamaaat!😀

Aduh, kenapa jadi kaya curhat gini. Hhihi.. Ga papa yaa aku singgung dikit memori terdahulu. Yah, walaupun uda memori 4 tahun yang lalu sih. Alamak, jadi kangen masa SMA😉 Aaah, sudalah. Balik ke Dark Love. Hhehe.. Novel ini, walaupun mengangkat tema yang cukup umum terjadi di sekitar kita, mengenai kehamilan remaja, namun penuturan ceritanya memberikan sudut pandang tersendiri dan sejujurnya, aku sangat suka.

Cerita di sampaikan oleh sang tokoh utama, Kirana, dengan menggunakan sudut pandang orang pertama. Jadi kita bakal diajak untuk merasakan apa yang Kirana rasakan. Yang aku suka, Kak Ken Terate berhasil membuat tokoh Kirana begitu hidup, sifatnya sangat khas anak remaja. Ditambah dengan keresahan dan keputusasaan yang kerap di rasakan oleh Kirana terkait konflik cerita.

Satu lagi yang aku suka dari novel ini, dari awal Kak Ken Terate ngga ada menyebutkan siapa sih cowoknya Kirana ini?? Dari awal, Kirana hanya mengenalkan cowoknya dengan panggilan “My Prince”. Sebenernya, kita di beri pilihan tebak, yaitu 3 cowok yang menjadi teman main Kirana. Tapi sumpa, saking penasarannya, langsung aku lahap ni novel selama 4 jam. Hhaha.. Abisnya, rasanya tanggung terus tiap mau tutup buku. Alhasil, jam 2 malam aku baru kelar baca ni novel😛 Tapi tenang, ngga mengecewakan kok. Aku suka akhir ceritanya. Dan sejujurnya aku salah tebak siapa sih cowok Kirana. Hhihi.. Abisnya, clue nya bener-bener samar atau kadang menjebak siih😀 Tapi aku salut lah sama Kak Ken Terate. Asik novelnya ^.-d

Jadi gini cerita Dark Love secara garis besar. Kirana, sekarang kelas 3 SMA, bersiap untuk ujian akhir dan daftar kuliah. Di sekolah, dia punya sahabat-sahabat baik, Maria dan Chacha, serta 3 cowo cakep dan pinter, yah, tipe idola banget lah di sekolah. Mereka Alvin, Banyu, dan Andra. Mereka berenam punya band, tapi karena mereka harus fokus ujian, mereka membubarkan diri. Tapi sebenernya, ada hal lain yang membuat pertemanan mereka sedikit renggang, karena ada yang cinlok. Yups. Sejak awal terbentuk band ini, mereka punya aturan, sesama anggota dilarang ada yang pacaran. Nah lhooo.. Itulah kenapa akhir-akhir ini keadaan berubah kacau. Karena Maria suka salah satu cowo itu, dan Chacha juga sepertinya melakukan pdkt, sementara Kirana sendiri, well, dia menyembunyikan fakta bahwa ia berpacaran dengan salah satu cowo itu dan bahkan sedang mengandung anaknya! -.-a

Kemudian, masalah lain bagi Kirana adalah fakta bahwa ia menjadi anak kebanggaan dan harapan bagi kedua orang tuanya. Hal ini dikarenakan oleh keadaan kakak Kirana, Kak Rani, yang memutuskan untuk membangkang dan keluar dari kampusnya, yang jelas membuat murka ayahnya sehingga kini Kak Rani tidak lagi di bawah naungan orang tua Kirana. Itulah kenapa Kirana jadi harapan kedua orangtuanya, dan jelas, kehamilannya bakal jadi guncangan tersendiri bagi kedua orang tua yang tidak ingin ia kecewakan ini. Tapi yang jelas, saat Kirana membutuhkan dorongan, aku suka bagaimana sang kakak yang berusaha untuk melindungi Kirana dari amukan ayahnya. Ikatan saudara yang manis J

Kemudian masalah ketiga yang harus dihadapi Kirana, adalah masalah akademis. Kirana sosok yang tekun, pintar dan kebanggan sekolah. Tipe pelajar teladan. Nah, karena kehamilannya ini, jelas ia akan mendapat ancaman dikeluarkan dari sekolah bahkan sebelum ujian akhir. Hhu.. Lika-liku kehidupan Kirana yang rumit dimulai sejak ia mendapati dirinya hamil. Itulah kenapa guys, Ken Terate memberikan cukup banyak pelajaran dari novel karyanya ini. Semoga dapat bermanfaat dan semoga kejadian yang dialami oleh Kirana bisa menjadi gambaran buat para remaja untuk menjaga diri dari godaan nafsu. Pintar-pintar menjaga diri yaaa J

Ratingku buat novel ini : 7,8

 
6 Comments

Posted by on October 31, 2012 in TeenLit

 

Lovasket 2 – For the Love of the Game


  • Pengarang               :    Luna Torashyngu
  • Genre                      :    Drama
  • Tebal                       :    264 hlm ; 20 cm
  • Penerbit                   :    Gramedia
  • Harga                      :    44.000 IDR
  • Pertama terbit          :    Juni 2010
  • Cetakan ke-3            :    Juli 2011
  • Tanggal Beli             :    29 September 2011

Vira senang bukan main saat terpilih menjadi anggota tim junior Jawa Barat untuk mengikuti Kejuaraan Nasional. Nggak cuman Vira yang terpilih, Rida juga.

Tapi kegembiraan Vira nggak ber-langsung lama. Tanpa diduga, dia kembali bertemu bekas teman yang sekarang jadi seterunya, Stella. Luka lama pun terkoyak kembali. Perseteruan mereka nggak cuman ber-langsung di luar lapangan, tapi juga ke dalam tim.

Stella hanya satu dari berbagai masalah yang menghampiri Vira untuk menggapai impiannya bermain di Kejuaraan Nasional. Masalah lain muncul silih berganti di dalam tim, yang memengaruhi emosi dan pikiran Vira. Belum lagi soal hubungan Niken dan Rei yang lagi renggang. Vira tahu sebuah rahasia tentang Rei, dan dia harus menyimpan rapat-rapat rahasia tersebut dari Niken, apa pun yang terjadi.

Di sisi lain, Stella juga punya masalah pribadi yang nggak kalah peliknya, yang memengaruhinya dalam tim. Belum lagi kenangan masa lalunya, yang membuatnya selalu memusuhi Vira.
Jalan untuk jadi pemain basket profesional emang nggak mudah!

Review :

Mari kita nikmati Lovasket 2 J  Anyway, aku baca novel ini di dalam kereta saat perjalanan ke jakarta lho😀

Yasuda, kita mulai saja mengikuti perjalanan karir Vira, sang tokoh utama kita. Tapi eitz, buat yang udah lupa ma cerita buku satu, tenang aja, di awal buku dua ni kita disuguhi ringkasannya kok. Cerita buku kedua dimulai oleh dialog antara Niken dan Rei. Ternyata, sekarang Niken dan Vira jadi soulmate gitu. Udah tiga bulan mereka tinggal serumah di rumah yang dulu dikontrak mama Vira. Tapi sekarang rumah itu udah dibeli ortu Vira dan direnovasi untuk rumah tinggal Vira di Bandung sementara kedua ortunya tinggal di Jakarta.

Nah, suatu hari Vira di datangi Pak Andryan, mantan pelatihnya dulu di SMA Altavia. Pak Andryan meminta kehadiran Vira dan Rida hari berikutnya ke GOR Padjadjaran, namun mereka tidak tahu dalam rangka apa. Barulah hari berikutnya mereka tahu bahwa mereka dikumpulkan untuk mengikuti seleksi pembentukan tim junior Jawa Barat untuk kejuaraan beberapa bulan lagi. Bukan rahasia lagi lah, Vira ma Rida pasti kepilih. Tapi ternyata saingan Vira, Stella, pun juga kepilih. Ada juga Alexa dan Stephanie, kenalan-kenalan lama Vira di SMA Altavia, yang juga kepilih. Apa jadinya lah kalo musuh bebuyutan maen dalam satu tim? Bahkan pelatih mereka aja tau kalo mereka musuhan. Heuu..

Kemudian, sebuah tragedi terjadi hingga memaksa Stella harus melepas keanggotaannya dalam tim junior Jawa Barat. Kini, tim hanya diperkuat oleh Vira dan Stephanie. Suatu ketika saat melawan tim Banten di babak semifinal, tim Jawa Barat terpaksa kalah karena sebuah skenario. Walau kalah mereka tetap lolos babak final. Tapi satu hal yang membuat Vira dan teman-temannya dongkol, ternyata yang kelak maju ke babak final bukannya tim junior, melainkan tim senior yang sombong dan marai mosi. Huft..

Tapi kemudian, di suatu kesempatan entah kenapa kedua tim ini malah ditandingkan oleh para pelatih dengan janji, siapa yang menang akan maju tanding di babak final. Buat Vira dan timnya, inilah kesempatan untuk membuktikan diri bahwa mereka mampu. Well, aku ga bisa menjelaskan panjang lebar gimana pertandingan ini. Tapi yang jelas, guys, pertandingan mereka kereen😀  Apalagi ada elemen kejutan dan teknik permainan yang menurutku digambarkan dengan cukup apik. Hhe.. Udah ketebak kan gimana hasil akhir pertandingannya?? Tapi lagi-lagi mereka harus kecewa, karena para petinggi tidak menepati janji. Mereka hanya mengambil enam orang dari tiap tim, baik tim senior maupun junior untuk dibentuk sebuah tim baru. Mengecewakan. Vira dan kawan-kawan pun mengambil keputusan yang cukup berat bagi mereka.

Nah, ternyata cerita tidak hanya melulu tentang basket. Kita kembali ke hubungan asmara Vira dengan Kak Aji, kakak Niken. Ternyataaa, mereka udah putus. Yah. Gimana dengan Rei dan Niken? Sama aja. Mereka juga putus. Ampun.. Tapi eh tapi, sapa yang tahu kebelakangnya kaaan?? Hhihi..

Yang paling aku suka dari novel kedua Lovasket ini, sikap Vira yang tenang namun bijaksana. Aih, asik kali.. Ditambah dengan hubungan Vira-Stella yang unik, saling membutuhkan, saling melengkapi tapi nggak mau saling mengakui🙂 Buku ketiga, SOON!!😀

Ratingku buat novel ini : 8,2

 
3 Comments

Posted by on January 22, 2012 in TeenLit

 

D’Angel 2 – D’Angel : Rose


  • Pengarang               :    Luna Torashyngu
  • Genre                      :    Drama, Action
  • Tebal                       :    296 hlm ; 20 cm
  • Penerbit                   :    Gramedia
  • Harga                      :    32.000 IDR
  • Pertama terbit          :    Mei 2008
  • Cetakan ke-2            :    November 2010
  • Tanggal Beli             :    5 September 2011

Sebenarnya Fika bertekad melupakan hidupnya yang hancur dan memulai hidup baru yang tenang di Malaysia. Tapi, pihak intelijen Indonesia menemukannya, dan memintanya kembali ke Jakarta untuk membantu misi mencari anak seorang koruptor.

Fika jadi seolah kembali ke kehidupannya yang lama. Ia masuk SMA tempat anak koruptor itu bersekolah, dan memakai nama Ista. Fika segera terbuai kehidupan remaja yang belum puas dinikmatinya. Ia segera mendapat sahabat-sahabat baru, ikut terlibat dalam pertandingan voli antarkelas, juga pemilihan ketua OSIS.
Tapi, penyamarannya lalu terbongkar, dan Fika harus kembali kepada kenyataan dan tugasnya. Ia juga harus kembali menghadapi Jenderal Rastaji, orang yang menghancurkan hidupnya. Bukan hanya itu, ternyata Rastaji membawa kejutan besar bagi Fika!

Review :

Rafika Handayani atau yang biasa disapa Fika ini sekarang memakai nama Arista Rayesti alias Ista sebagai nama samarannya. Ia murid baru di sebuah sekolah swasta favorit di Jakarta, SMA Triasa. Kini ia penghuni kelas 2IPA1.

Seminggu sebelumnya, dua anggota BIN (Badan Intelijen Nasional) mendatangi tempat persembunyian Fika di Johor Baru, Malaysia. Selama ini Fika tinggal di sebuah panti asuhan dan hidup tentram dan damai hingga akhirnya datang dua orang ini. Pak Sarwan dan Aditya menawari Fika untuk kembali ke Indonesia, menyamar, dan kalau tugasnya berhasil, semua tuduhan yang ditujukan padanya selama ini akan dihapuskan. Termasuk tuduhan pembunuhan terhadap ibunya.

Tugas Fika adalah membaur di SMA Triasa dan mencari anak Sudarmadi ─seorang koruptor  buronan yang belum lama di temukan tewas di Paris─ yang misterius karena keberadaannya baru diketahui akhir-akhir ini. Tidak ada yang tahu siapa pembunuh Sudarmadi. Sayangnya pemerintah hanya berhasil menemukan aset Sudarmadi di luar negeri yang hanya sekitar lima puluh juta dolar AS sementara dua ratus juta dolar lainnya belum diketahui keberadaannya. Bahkan istri dan anak-anaknya tidak tahu dimana Sudarmadi menyembunyikan uang itu.

Karena tidak mungkin dirawat oleh Sudarmadi sendiri, maka anak ─yang masih misterius─ ini dititipkan pada sahabat karibnya. Tidak ada yang tahu mengenai keberadaan si anak kecuali Sudarmadi dan sahabatnya. Namun Sudarmadi selama ini tetap mengawasi dan berhubungan dengan anaknya itu hingga ia meninggal. Hanya saja pihak Interpol tidak ada yang tahu siapa anak itu, siapa orang tua angkatnya, dan bahkan jenis kelaminnya pun tidak ada yang tahu. Inilah tantangan Fika alias Ista kali ini🙂

Di sekolah barunya, Fika punya dua teman, Viana dan Dina. Viana ini lagi deket ama anak IPS yang namanya Angga. Nah, disini ada Dessy sebagai tokoh antagonis. Yah, biasalah, tipe-tipe cewek pentolan jahat di sekolahnya. Dia punya dua kroni yang lebih cocok disebut kacung daripada sohibnya. Untuk mendapatkan posisi ketua OPTRI (semacam OSIS), Dessy mengancam Viana untuk mengundurkan diri sebagai kandidat, atau kalau nggak, Dessy bakal ngebocorin rahasia Viana tentang ayahnya. Wah, apa yaa??

Oia, di sekolah ini Fika nggak kerja sendiri. Ada Aditya yang juga menyamar sebagai guru baru di SMA TRIASA ini. Guru olahraga. Dan entah kenapa Fika sama Aditya digambarin sebagai bebuyutan. Yah, ceritanya sih Aditya belum percaya akan kemampuan Fika gituu.. Nah, kalo di kalangan guru, ada seorang guru bahasa inggris yang masi muda dan menurut Fika, Bu Rena ini menyimpan rahasia di balik senyumnya. Lum tau juga, apakah guru ini memiliki peran lebih atau nggak kebelakangnya. Ato jangan-jangan malah jadian ma Aditya?? Hha.. Let’s check this out!

Yang jelas, pertemanan Fika dan Viana semakin baik. Akhirnya Viana mulai membuka diri dan menceritakan tentang kondisi keluarganya yang ternyata hidup susah. Kemudian di sekolah pun Fika semakin terkenal setelah tanding Voli membela kelasnya. Belum lagi sekarang Fika juga lagi deket sama kakak Viana yang bernama Ryan.

Namun suatu hari, setelah kurang lebih dua bulan ia bersekolah di SMA Triasa, keanehan terjadi. Suasana sekolah tidak seperti biasanya. Saat masuk kekelasnya, semua mata memandanginya. Aneh. Ternyata penyamarannya sudah terbongkar. Mereka tahu nama asli Ista adalah Rafika Handayani. Mereka tahu kalau Fika adalah agen inteligen. Tapi yang menyakitkan hatinya, menurut teman-temannya, Fika masuk ke SMA ini untuk memata-matai Viana menyangkut masalah ayahnya. Tentu saja Fika menyangkal dan  sedih.

Segera Aditya menghubungi Fika dan memerintahkan cewek itu buat segera pergi dari sekolah. Adit yang akan mencari tahu siapa yang membongkar rahasia ini. Well, sampai di bagian ini, aku jadi curiga sama Ronald, anak baru yang masuk di kelas 2IPS1, sekelas ama Dessy. Entah kenapa gelagatnya aneh. Pasti dia anak buah Rastaji, si tokoh jahat yang masih mengincar Fika. Tapi entah juga sih, cuma tebakankuu😛

Kemudian ada hal lain yang mengejutkan. Viana menghilang! Bahkan Dessy yang semula jadi tersangka Fika, juga ikut menghilang. Alamak. Rupanya mereka diculik. Selain itu dua kompi pasukan yang menghilang dari pangkalan ─kemungkinan besar adalah para pengikut Jenderal Rastaji─ kini dilaporkan sedang melakukan pergerakan. Pak Sarwan, Aditya, Fika, polisi, juga pihak AD akhirnya bekerja sama untuk menghadapi masalah ini. Pertempuran kecil pun terjadi, dan Fika harus berhadapan dengan kembarannya! Huum..

Well, well, well.. Sumpah, aku sama sekali nggak nyangka kalo anak Sudarmadi yang selama ini dicari ternyata DIA!! Whahaha.. Aku terkecoh😀 Habisnya, siapa sangka kalo Luna Torashyngu mempersiapkan alur cerita yang sedikit rumit itu. Mana ketebak kan??! Atau kalian ternyata bisa menebaknya? Wah, salut deh kalo emang iya.. Berarti imajinasiku kurang ‘liar’😉

Ratingku buat novel ini : 7,8

 
1 Comment

Posted by on January 7, 2012 in TeenLit