RSS

Bartimaeus Trilogy 2 – The Golem’s Eye

13 Jun

  • Pengarang               :    Jonathan Stroud
  • Genre                      :    Magic, Adventure
  • Tebal                       :    624 hlm ; 20 cm
  • Penerbit                   :    Gramedia
  • Harga                      :    55.000 IDR
  • Pertama terbit          :    1 September 2004
  • Cetakan ke-3            :    November 2007
  • Tanggal Beli             :    9 November 2009

Karier Nathaniel di pemerintahan terus meroket. Tapi kelompok pemberontak Resistance terus melakukan pengrusakan di London. Pekerjaan dan nyawa Nathaniel jadi terancam, bukan hanya akibat aksi Kitty dan teman-temannya, tapi juga karena suatu kekuatan yang tak dikenal serta membingungkan.

Nathaniel pun terpaksa melakukan misi berbahaya ke kota musuh, Praha, dan harus memanggil lagi jin menjengkelkan, misterius, dan berlidah tajam, Bartimaeus.

Review :

Untuk buku kedua kali ini, terdiri dari empat bagian. Selain itu sekarang sudut pandang cerita tidak hanya Nathaniel dan Bartimaeus saja, tetapi juga ada Kitty, gadis yang ternyata adalah anggota Resistance, para pemberontak, dan Simpkin, seorang jin rendahan bawahan Sholto Pinn, kolektor barang antik. Tapi bab yang menceritakan tentang Simpkin hanya ada satu yaitu bab tujuh. Dengan adanya berbagai sudut pandang yang berbeda, cerita akan semakin beragam dan lebih hidup.

Lebih dari dua tahun telah berlalu sejak pemberontakan Lovelace, dan kemunculan Nathaniel yang tiba-tiba di kelompok elite. Sekarang Nathaniel sudah berusaha empat belas tahun, lebih tinggi, lebih kekar ―tapi tetap langsing… ciiieeeh…hhaha =p apa cobaa??― daripada waktu ia mengembalikan Amulet Samarkand ke tangan Pemerintah yang berterima kasih. Sekarang master Nathaniel adalah Ms. Jessica Whitwell, seorang penyihir paruh baya yang dianggap satu dari empat penyihir paling berkuasa di pemerintahan, dan pengaruhnya besar. Tapi ternyata selama ini Nathaniel hanya menyimpan hubungannya dengan Bartimaeus untuk diri sendiri. Tidak ada orang lain yang tahu. Dibawah arahan Whitwell, Nathaniel semakin maju dengan pesat. Banyak keahlian-keahlian baru yang ia miliki. Karir pemerintahannya pun dimulai bahkan sejak ia belum genap empat belas tahun, ia bergabung dengan Departemen Urusan Dalam Negeri, satu dari sekian banyak sub-divisi yang dibawahi Ms. Whitwell, yaitu Departemen Pertahanan. Awalnya ia hanya bekerja sebagai pesuruh kantor, namun berkat bakat dan kerja kerasnya, ia mendapatkan promosi tidak lama kemudian. Kini ia menjabat sebagai asisten Menteri Urusan Dalam Negeri sendiri,  Mr. Julius Tallow.

Dari Tallow, Nathaniel mendapat tugas untuk mengusut masalah kelompok rahasia yang dikenal dengan nama Resistance. Resistance adalah kelompok pemberontak yang sangat ingin mengembalikan pemerintahan ke masa anarki saat Pemerintahan Commoner memimpin. Sayangnya penyelidikan dan upaya Nathaniel belum membuahkan hasil sedangkan atasannya semakin lama semakin tidak sabaran. Nathaniel mulai frustasi karena Resistance selalu melancarkan aksi namun luput dari kejarannya.

Disisi lain, kita mulai dikenalkan dengan sosok Kitty. Kita disuguhi cerita mengenai kehidupan masa kecil Kitty hingga bagaimana awal mula ia terlibat dengan Resistance. Kitty memiliki seorang sahabat bernama Jakob Hyrnek. Sayangnya saat Kitty berusia tiga belas tahun, ada musibah yang menimpa kedua sahabat ini. Tidak sengaja mereka merusak mobil seorang penyihir. Sayangnya penyihir itu sangat mencintai mobilnya, itulah kenapa Kitty dan Jakob harus mendapatkan hukuman berupa Pasak Hitam ke tubuh mereka yang akan terus ada seumur hidup mereka. Namun ternyata, Kitty memiliki kekebalan terhadap sihir apapun yang dilontarkan kepadanya. Dengan kata lain, tubuh Kitty baik-baik saja sementara Jakob harus menanggung malu seumur hidupnya karena belang-belang yang ia derita. Sejak saat itulah hubungan kedua sahabat ini merenggang hingga akhirnya putus hubungan sama sekali.

Nathaniel menghadapi berbagai tantangan. Selain harus menuntaskan masalah Resistance, ia dihadapkan dengan masalah kekuatan sihir yang kuat dan membuatnya bingung. Ia mencari tahu asal usul kekuatan itu hingga ia mendapatkan satu kesimpulan bahwa kekuatan itu berasal dari Mata Golem. Untuk mencari tahu lebih lanjut ia harus pergi ke Praha dan bertemu dengan sang pembuat Golem agar dapat menghentikan monster tersebut. Keruwetan diperparah dengan sikap skeptis para Menteri. Ia sangat kewalahan namun juga berhasrat untuk menunjukkan bahwa ia mampu membereskan masalah-masalah ini. Mau nggak mau ia pun harus memanggil demon andalannya, Bartimaeus.

Di buku ini, Bartimaeus baru muncul di bab sepuluh. Saat itu pemanggilan Nathaniel terhadap dirinya lagi. Ya ampun! Aku baca bab ini bener-bener tertawa. Gimana nggak, terjadi perdebatan sengit antara Nathaniel dan Bartimaeus. Bartimaeus bersikukuh tidak mau terlibat lagi dengan Nathaniel, dilain pihak, Nathaniel terpaksa memanggil Bartimaeus karena membutuhkan pertolongannya.

Petualangan mereka berdua sudah di depan mata. Kini terlibat juga Kitty di dalamnya. Jakob pun muncul lagi, dan kali ini Jakob dijadikan tawanan oleh Nathaniel untuk memancing Kitty. Haduh.. Perang dingin antara Nathaniel dan Kitty bisa meletus kapan saja. Sedikit demi sedikit konflik yang dipaparkan di buku seri kedua ini semakin jelas. Lagi-lagi membutuhkan kecekatan dan kecerdikan Nathaniel serta dukungan ‘terpaksa’ dari Bartimaeus untuk membereskannya.

Wew, yang jelas teman-teman, buku ini lebih seru lagi dibandingkan buku pertamanya. Yang bikin jengkel malah sebenarnya karakter Nathaniel yang semakin mirip dengan para penyihir tinggi yang digambarkan selama ini, angkuh, tamak, terlalu percaya diri dan semena-mena, terutama pada jin-jin yang ia panggil, tidak terkecuali Bartimaeus. Hhu.. Kasian Barty.. Pokoknya teman-teman pecinta novel fiksi fantasy, jangan lewatkan yang satu ini yaa🙂

Ratingku buat novel ini : 8,6

 
Leave a comment

Posted by on June 13, 2011 in Magic

 

you have a comment? just write here and post it ^^,

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: