RSS

Percy Jackson & The Olympians 1 – The Lightning Thief

12 May

  • Pengarang               :    Rick Riordan
  • Genre                      :    Fantasy, Mythology, Adventure
  • Tebal                       :    458 hlm ; 20 cm
  • Penerbit                   :    Mizan Fantasi
  • Harga                      :    54.000 IDR
  • Pertama terbit          :    28 Juni 2005
  • Cetakan ke-4            :    April 2010
  • Tanggal Beli             :    20 Juni 2010

Percy Jackson—dua belas tahun, penderita disleksia—hampir dikeluarkan dari sekolah asramanya … lagi. Tetapi itu hanya sedikit saja dari sekian masalah yang menantinya. Monster-monster dan dewa-dewi dari Gunung Olympus tampaknya berebutan keluar langsung dari buku pelajaran Sejarah Yunani milik Percy. Lebih parah lagi, Percy telah membuat beberapa di antara mereka marah besar. Petir asali milik Dewa Zeus telah hilang dicuri, dan Percy adalah tersangka utamanya.

Kini Percy dan dua orang kawannya hanya punya waktu sepuluh hari untuk mencari dan mengembalikan benda keramat tersebut dan mendamaikan kembali perang yang hampir pecah di Gunung Olympus. Tetapi tantangannya jauh lebih berat dari itu, Percy akhirnya harus berhadapan dengan kekuatan mengerikan yang bahkan lebih hebat dibandingkan pada dewa sendiri.

Review :

I Love This Book! Aku suka banget. Aku cintaaa banget sama buku ini. Hhaha.. Pertama, buku ini enak dibaca, ringkas, dan jelas. Diceritakan dari sudut pandang Percy, si tokoh utama. Yang kedua, ada saat membuat kita tertawa. Ketiga, konflik yang dibuat membuat kita merangkai kejadian-kejadian, dan yang menarik, sang penulis berhasil membuat rangkaian yang berbelit tersebut jadi sangat simple dan tampak alamiah, tidak terkesan dipaksakan. Rangkaian peristiwa ini menghubungkan satu plot dengan plot yang lain dengan apik, jadi terasa masuk akal buat kita. Dan yang terakhir, keempat, buku ini tema utamanya tentang Mythology Yunani. Aku suka Mythology Yunani. Nanti diceritakan tentang dewa-dewa Yunani dan peranan serta kekuatan masing-masing, lalu tentang Demigod (selanjutnya disebut Pahlawan di buku ini), yaitu anak-anak keturunan dewa dengan manusia, dan juga ada para Titan ―penguasa dan musuh para dewa.

Aku baca buku ini, entah kenapa jadi suka iseng-iseng nyari keterangan tentang dewa-dewa Yunani. Rasanya pingin tahu lebih banyak. Pada dasarnya buku ini memang bisa menginspirasi anak- anak untuk belajar lebih banyak tentang mitologi dan buku ini adalah pengenalan yang  baik untuk beberapa dewa mitologis dan makhluk-makhluk lain yang ikut andil dalam kisah-kisah mereka, tapi aku yakin, para pembaca bisa menikmati buku ini lebih banyak kalau mereka punya pendidikan dasar dalam mitologi Yunani kuno. Makanya ku pikir, asik juga ya buat anak-anak Amerika. Sebagian besar dari mereka kan ada pelajaran Sejarah Yunani di sekolah mereka. Jadi pingiin.. hhehe..

Nah, mengenai cerita di novel ini. Udah pasti bakal banyak petualangan. Dan sangat asyik buat diikuti! Awal cerita Percy Jackson dan Grover Underwood adalah teman baik di sebuah sekolah untuk anak-anak bermasalah. Cerita berlanjut sampai pada hal dimana Percy terpaksa mengetahui siapa dia sebenarnya dan dimana dia seharusnya berada, yaitu Perkemahan Blasteran. Awal kehidupannya di Perkemahan, ia belum mengetahui anak siapa dia sesungguhnya. Hal ini membuatnya harus tinggal sementara di pondok Hermes, Dewa Pejalan, pondok yang diperuntukkan bagi mereka yang belum ditentukan keturunan siapa. Barulah setelah ia dan teman-teman perkemahan melakukan latih tanding, akhirnya diputuskan bahwa Percy adalah Putra Poseidon, Dewa Kelautan. Pindah lah dia ke Pondok Poseidon. Dan tinggal sendirian. Karena hanya dia satu-satunya Putra Poseidon di Perkemahan ini.

Singkat cerita, nanti diketahui bahwa ternyata sekitar setelah Perang Dunia II, Dewa Tiga Besar: Zeus, Poseidon dan Hades membuat perjanjian dan bersumpah bahwa mereka tidak akan lagi memiliki keturunan pahlawan karena anak-anak mereka terlalu kuat dan dapat menyebabkan pertumpahan darah, seperti yang pernah terjadi. Itulah kenapa Percy tidak disukai karena ia merupakan simbol yang menyatakan bahwa Poseidon telah melanggar sumpahnya. Zeus yang kehilangan Petir nya menuduh Percy yang telah mencuri. Percy pun berniat menunjukkan bahwa bukan ia yang mencuri dengan mencari Petir itu, dengan dibantu Grover yang ternyata seorang Satir, dan Annabeth Chase, Putri Dewi Athena: Dewi Kebijaksanaan dan Strategi Perang. Mereka bertiga melakukan petualangan yang wajib kalian baca! Buat kalian yang pecinta petualangan dan mythology, kalian nggak akan kecewa deh..

Oia, Percy Jackson ini juga ada movienya lhoo.. Kalau mau tahu pendapatku mengenai filmnya, klik disini!🙂

Ratingku buat novel ini : 8,2

 
5 Comments

Posted by on May 12, 2011 in Mythology

 

5 responses to “Percy Jackson & The Olympians 1 – The Lightning Thief

  1. annisaanggiana

    May 13, 2011 at 10:40 am

    Hahaha.. Saya juga suka buku ini karena memang suka dengan mitologi yunani.. Serasa baca mitologi yunani yang di modern kan😉

     
    • koleksinovelku

      May 27, 2011 at 4:09 pm

      btulbtul.. aku jg stuju ituu.. apalagi krn ptualangannya yg seru.. hhe..

       
      • Sera

        April 4, 2012 at 7:43 am

        Well, aku emang suka banget sama Mitologi Yunani! Cuma aja petualangannya nggak terlalu seru. Ratingku buat novel ini 7,26

         
      • koleksinovelku

        April 24, 2012 at 11:54 pm

        hhihi, klo aku mlah suka kali ma perjalanan Percy dan kwand”.. asik.. dan terutama karena bumbu mitologi Yunani-nya, wuiii, mantap!😀

         
  2. mayu amakura

    February 1, 2014 at 8:02 pm

    Hahhaha..iya😄
    Keren banget :3 ratingku 8,8

     

you have a comment? just write here and post it ^^,

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: