RSS

Lovasket 1

14 Sep

  • Pengarang               :    Luna Torashyngu
  • Genre                      :    Drama
  • Tebal                       :    312 hlm ; 20 cm
  • Penerbit                   :    Gramedia
  • Harga                      :    33.000 IDR
  • Pertama terbit          :    Juni 2007
  • Cetakan ke-5            :    Februari 2011
  • Tanggal Beli             :    14 Agustus 2011

Hidup Vira hancur ketika ayahnya dituduh melakukan korupsi dan harus dipenjara. Mendadak Vira kehilangan harta benda, kedudukannya sebagai ketua geng The Roses, teman-teman, pacar, bahkan dia dikeluarkan dari sekolahnya, SMA Altavia, SMA paling elite di Bandung. Akibatnya Vira jadi mogok hidup, juga mogok main basket yang sebetulnya merupakan “hidupnya”. Dia merasa tidak ada gunanya punya teman lagi, karena terbukti teman-teman hanya mendampinginya saat dia berada pada puncak hidupnya.

Niken adalah Ketua OSIS SMA 31, SMA kecil di pinggiran Bandung. SMA 31 memutuskan akan memangkas anggaran ekskul sehingga ekskul-ekskul yang tidak berprestasi akan dihapuskan. Ini jadi tugas besar bagi Niken: dia harus menyeleksi ekskul mana yang akan dipertahankan dan mana yang harus dihapus. Di antara dilema besar ini, Niken melihat salah satu cara untuk menyelamatkan ekskul basket. Mungkin kalau dia bisa membujuk murid baru itu untuk bergabung dengan ekskul basket, ekskul ini bisa selamat. Selain itu, mungkin Niken juga bisa membuat murid baru yang kelihatan depresi itu lebih ceria. Mungkin Niken bisa membuat Vira tersenyum lagi….

Review :

Savira Priskila, cewek kelas dua SMA Altavia ─SMA swasta paling favorit di Bandung─ adalah anak dari direktur cabang Bank Central Buana, salah satu bank BUMN terbesar di Indonesia. Vira adalah cewek yang cantik dan kaya juga anak tunggal, jadi kehidupannya sedikit bebas dan sangat dimanja. Ia semacam ketua geng di sekolahnya. The Roses, namanya. Sahabat-sahabatnya ada yang bernama Amel, Stella, Lisa, dan Diana. Berlima mereka paling suka have fun, party, clubbing, hangout, shopping, dll. Vira ini juga lagi pacaran ma Robi, anak kelas 3 dan putra dari ketua yayasan yang menaungi SMA Altavia. Pokoknya, sosok Vira digambarkan bak ratu di SMAnya.

Tapi sayang tak lama kemudian semuanya jadi kebanting. Ayah Vira ditahan atas tuduhan korupsi dua triliun padahal beliau mengaku tidak tahu menahu tentang dana itu. Seluruh kekayaan :  rumah, vila-vila, mobil-mobil, tabungan, disita. Dalam sehari, Vira dan mamanya harus meninggalkan kemewahannya dan tinggal di rumah kontrakan kecil yang nggak kerawat.

Keadaan disekolah tidak lebih baik. Walaupun Robi sudah menjamin bahwa tidak akan ada yang menganggu Vira, hari berikutnya setelah Vira membolos sehari, Vira mulai merasakan sahabat-sahabatnya menghindarinya. Hanya Amel dan Robi yang masih mengajaknya bicara. Bahkan untuk menghibur Vira, Robi mengajaknya untuk dinner bareng. Tapi ternyata lagi-lagi semuanya berubah seratus delapan puluh derajat dalam semalam.

Hari berikutnya, teman-teman Vira menunjukkan rasa kebencian mereka. Bahkan Amel mengacuhkannya dan Stella mengungkapkan isi hatinya selama ini, bahwa ia membenci Vira dan hanya memanfaatkan cewek itu untuk mendapat ketenaran. Bahkan Robi mencampakannya ─setelah apa yang terjadi antara  dirinya dan Vira malam sebelumnya─ dan sekolah juga mengeluarkannya! Hari-hari Vira semakin berat dan menyesakkan :-(

Lalu cerita beralih pada Niken Ratna Windusita, ketua OSIS SMA 31 yang sedang menghadiri pertandingan basket persahabatan antara tim cowok SMA Putrayasa melawan SMA nya. Rupanya ia sedang dipusingkan dengan masalah penyederhanaan ekskul-ekskul karena masalah anggaran kegiatan, dan tim basket SMA 31 terancam dibubarkan karena tidak pernah menunjukkan prestasi apapun. Bahkan dalam pertandingan kali ini.

Profil SMA 31 ini sendiri digambarkan sebagai sebuah SMA negeri yang dijadikan pilot project oleh pemerintah sebagai sekolah ‘murah’ untuk masyarakat kelas menengah ke bawah. Dilihat dari faktor lokasi sekolah yang di pinggir Timur kota Bandung dan bukan di jalur kendaraan umum menjadikannya sekolah ini paling nggak populer. Bahkan biaya SPP nya juga paling murah diantara SMA-SMA Negeri yang lain di Bandung. Well, udah tau kan kalo Vira kemudian pindah ke sekolah ini?

Yups. Waktu terus bergulir dan tanpa terasa enam bulan telah berlalu. Vira jadi sosok yang pendiam dan tertutup juga sering bolos sekolah dengan alasan sakit. Untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, ibunya kini membuka warung lotek kecil-kecilan. Untuk menyelamatkan ekskul basket, Niken terus membujuk Vira buat bergabung, namun cewek itu enggan terlibat dengan kehidupan basket lagi. Disisi lain, Niken pantang menyerah karena tampaknya selain memang untuk menyelamatkan ekskul itu, ini ia lakukan demi Reifan Putranto atau yang biasa disapa Rei. Cowok ini sahabat Niken sejak 1 SMP, dan menurutku sebenernya Niken punya hati ke Rei. Daaan, tebakanku ni, tar Rei pasti naksir Vira. Hha, iya ga ya? Yah, cari tau tar deh :-D

Oia, tanpa diduga Amel menemukan Vira lhoo, dan cewek kalem ini minta maap atas sikapnya dulu. Dari Amel lah Vira dapat kabar tentang SMA nya dulu, bahwa kini Stella yang jadi kapten basket dan ia lagi deket ma Robi. Tentu saja persahabatan Vira-Amel kembali terjalin. Bahkan sosok Diana kembali hadir di kehidupan Vira. Hanya saja, Diana datang dengan kesedihan dan kegundahan hatinya. Dia membawa kabar bahwa ia hamil dan tidak tahu harus bagaimana. Sayang, hidupnya jadi tragis. Berkat Diana lah akhirnya Vira kembali membuka mata dan mulai memiliki tujuan hidup lagi dan melalui basket lah ia mewujudkannya.

Ehem, ceritanya memang tipikal cerita remaja biasanya, tapi aku cukup menikmatinya lho.. Habis, karya Luna Torashyngu ini ceritanya cukup ringan sih, dan yah, sejauh ini nggak kerasa membosankan :-) Bahkan aku paling suka bagaimana Luna menggambarkan suasana pertandingan basket. Seru. Hhe.. Hanya saja ─ini pendapatku lho! ─ ada beberapa titik cerita yang aku kurang sreg sama bahasanya, menurutku agak kaku, kurang luwes, dan kurang santai. Tapi overall, dari segi cerita, bolehlah. Dan aku suka saat-saat hampir akhir, saat Vira jalan ma Niken di PVJ. Manis, walaupun aku bisa nebak apa yang terjadi saat itu sih.. juga dengan akhir ceritanya. Hhe :-D

Ratingku buat novel ini : 8

About these ads
 
6 Comments

Posted by on September 14, 2011 in TeenLit

 

6 responses to “Lovasket 1

  1. chu-chum

    January 3, 2012 at 1:46 pm

    lovasket yang ke 2 and 3 seru loh…kemren juga udh di film_in di trans_TV tapi yang pertama

     
  2. sidik

    May 29, 2012 at 6:28 pm

    aku suka banget sama novel lovasket :( sedihhh

     
    • koleksinovelku

      May 30, 2012 at 9:57 pm

      aiih, suka novel” meloo yaa? aku suka baca Autumn in Paris karangan Ilana Tan, suda baca lum?

       
  3. choi_eka

    October 21, 2013 at 4:06 pm

    Pengen beli tapi emang masih ada di garmed ?

     
    • koleksinovelku

      November 12, 2013 at 11:56 pm

      kalo novel agk lama memang agk susah choi_eka..
      gmn, skrg suda dpt novelnya belum??
      happy hunting!

       
  4. sophie

    November 28, 2013 at 3:12 pm

    arghh, aku udah punya yang ke 2,3,4, tapi belom punya yg ini… kira-kira belinya dimana ya??

     

you have a comment? just write here and post it ^^,

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 170 other followers

%d bloggers like this: