RSS

A Princess Diaries Book – Perfect Princess

04 Sep

  • Pengarang               :    Meg Cabot
  • Genre                      :    Teenlit
  • Tebal                       :    160 hlm ; 18 cm
  • Penerbit                   :    Gramedia
  • Harga                      :    25.000 IDR
  • Pertama terbit          :    2004
  • Cetakan                   :    Desember 2004
  • Tanggal Beli             :    8 September 2010
Putri Tidur,
Victoria,
Cleopatra,
Putri Salju,
Elizabeth,
Pocahontas,
Mia Thermopolis :
SEMUANYA PUTRI
 
Apakah kau juga pantas jadi putri?
PUTRI MIA
akan memberitahumu.

Review :

Sama seperti kedua buku yang lain, Holiday Princess dan Princess Lessons, buku kali ini juga berisi ilustrasi-ilustrasi cantik dari Chesley McLaren. Hanya bedanya, untuk buku kali ini mengambil tema tentang semua putri ─dulu, sekarang, atau yang ingin menjadi putri─ baik di dunia nyata maupun imajinasi. Sangat menarik😀

Buku ini dibuka dengan perkenalan oleh Yang Mulia Putri Mia Thermopolis lalu dilanjutkan dengan bab I tentang Putri Sejati yang diisi oleh Grandmére alias Janda Pangeran Clarisse Renaldo alias nenek Mia Thermopolis. Di bab I ini kita akan menemukan cerita tentang Elizabeth ─almarhum Ibu Suri Inggris Raya, lalu ada kedua putrinya, Elizabeth II dan Margaret. Kemudian kita dihadapkan oleh Alice ─putri Andrew dari Yunani yang lebih terkenal sebagai ibunda Pangeran Philip, pendamping Ratu Elizabeth II dari Inggris. Dibagian ini ada cerita nih, Saat Czar Nicholas II dari Rusia terlalu terbawa perasaan, menyirami Alice dengan beras di saat pernikahannya dengan Pangeran Andrew tahun 1903, sang putri menghentikan perbuatan sang Czar dengan mencopot sepatu dan memukul kepalanya beberapa kali. Wow.. Pasti ramai deh. Hha..

Oia, nanti Anastasia, putri bungsu dari Czar Nicholas II juga dibahas lhoo.. Nah, kalo keluarga Czar Nicholas II ini berakhir tragis. Karena keluarganya mempercayai Rasputin ─orang suci palsu yang berpura-pura ‘menyembuhkan’ hemofilia tak tersembuhkan yang diderita adik lelaki Anastasia, saat revolusi terjadi keluarga Romanov dengan kejam ditangkap, lalu dengan darah dingin ditembak. Ya ampuuun.. Saking penasarannya aku bahkan sampai searching tentang keluarga Czar Nicholas II ini dan, wew, bikin mrinding saat baca bagian Anastasia dan kakak-kakaknya serta adiknya ditembak pada bulan Juli 1918. Brr.. Barulah tahun 1979 tubuh Czar Nicholas II dan Istri serta ketiga putrinya, Olga, Tatiana, dan Anastasia ditemukan oleh para arkeolog dan tahun 2007 kemarin akhirnya tubuh kedua anggota keluarga sisanya, Maria dan Alexei ─si bungsu, anak laki-laki satu-satunya dalam keluarga, yang menderita hemofilia─ ditemukan. Ckck.. Serem..

Aduh, jadi mlenceng gini. Nah, sekarang kembali ke topik lagi yap. Masih di bab I, ada  Aleta, ratu kepulauan kabut, seorang tokoh fiktif yang kepribadiannya juga bisa menjadi contoh Putri Sejati. Hhe.. Untuk bab II, Sang Putri Bersolek, lebih banyak mengulas tentang kecantikan dan fashion dari Ratu Victoria, Principessa Caroline dan Principessa  Stephanie dari Monaco, Marie Antoinette, Principessa Marcella Borghese dari Bomarzo, Jasmine ─Principessa dari film Aladdin. Selain itu ada si Putri Duyung kecil ─Putri Ariel, dan juga ada Putri Jagung, Versailles, Indiana. Hhaha..

Untuk Bab III yang berisi tentang Nyonya Putri akan ditampilkan Grace Kelly dari Monaco, Lady Diana Spencer dari Inggris, Ratu Noor dari Yordania, Cinderella, Beauty dari Beauty and The Beast, dan Clarisse ─Janda Pangeran Genovia🙂

Bab IV, Putri Yang Berkuasa, cukup keren. Ada Cleopatra, Eleanor dari Aquitaine, Putri Ariel, Elizabeth I, Putri Aura ─putri Kaisar Ming yang kejam, Isabel I dari Spanyol, dan ada Adora dari dunia fiktif Etheria. Di Bab V, Michael Moscovitz ─pacar Putri Mia Thermopolis─ lah yang mengulasnya. Kali ini dengan judul Sang Putri Beraksi. Ada Boadicea yang hidup di tahun 61 M. Lalu ada Matilda ─Ratu Jerman, Xena ─Warrior Princess, Pocahontas, Wonder Woman, Putri Leia dan ibunya ─Ratu Amidala, dan tentu saja ada Putri Amelia Mignonette Grimaldi Thermopolis Renaldo😉

Di Bab VI berisi tentang Putri Mia yang memberi penjelasan tentang pelajaran berharga yang terkandung dalam dongeng populer. Sedangkan di Bab VII, Putri Mia menunjukkan perbedaan siapa putri sejati dan siapa yang bukan, menyangkut Gwyneth Paltrow, Britney Spears, Christina Aguilera, Barbie, Alice Roosevelt, Mulan, Sara Crewe dalam buku A Little Princess, dan Smurfette. Untuk Bab VIII Putri Mia mengungkapkan siapa saja yang menurutnya bisa menjadi Putri.

Nah kan, sedikit tapi banyak kan isinya😀 Aku asik-asik aja kok baca buku kecil ini. Cukup menghibur dan setidaknya menambah pengetahuan umum lah, terutama untuk para tokoh real nya..

Ratingku buat novel ini : 7,8

 
Leave a comment

Posted by on September 4, 2011 in TeenLit

 

you have a comment? just write here and post it ^^,

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: