RSS

Skulduggery Pleasant 2 – Playing With Fire

31 Aug

  • Pengarang               :    Derek Landy
  • Genre                      :    Fantasy
  • Tebal                       :    264 hlm ; 20 cm
  • Penerbit                   :    Gramedia
  • Harga                      :    40.000 IDR
  • Pertama terbit          :    2008
  • Cetakan                   :    2011
  • Tanggal Beli             :    10 Agustus 2011

Dunia kembali terselamatkan setelah kematian Serpine. Setidaknya itu menurut Valkyrie dan Skulduggery, sampai mereka mengetahui Baron Vengeous yang tersohor melarikan diri dari penjara. Bersamaan dengan itu vampir dan para Yang Tertular bermunculan di seluruh Irlandia.

Valkyrie dan Skulduggery tahu Vengeous mengincar baju besi Lord Vile. Baju besi itu akan memberikan kekuatan bagi sang baron untuk membangkitkan Grotesquery dan memanggil kembali para Sosok Tanpa Wajah. 

Namun masih ada satu bahan yang kurang: darah Tetua yang dimiliki Valkyrie. Vengeous dan kawanannya pun memburu Valkyrie. Tentu saja Skulduggery tidak membiarkan sahabatnya menjadi bulan-bulanan sang baron. Hanya saja mereka tidak menyangka ancaman yang mereka hadapi kali ini jauh lebih berbahaya.

Review :

Cerita dimulai oleh Valkyrie Cain dan Skulduggery Pleasant yang menghadapi Vaurien Scapegrace, seorang pembunuh ─yang belum benar-benar membunuh korbannya (tapi lagaknya udah kayak pembunuh profesional aja)─ di berbagai negara. Hha..

Valkyrie dan Skulduggery membawa tahanan mereka kepada Ahli Sihir Utama yang baru, Thurid Guild. Guild mengambil alih posisi ketua Dewan Penyihir Sesepuh sementara ia juga masih harus  menyeleksi dua penyihir yang akan memerintah bersamanya, dan salah satunya adalah Mr. Bliss. Saat Skulduggery menyerahkan sang tawanan, Guild membawa mereka ke ruang bermeja panjang dimana terdapat Mr. Bliss. Mereka mendapat kabar mengenai Baron Vengeous yang kabur dari sebuah  penjara dengan penjagaan super ketat di Rusia. Baron Vengeous adalah salah satu dari tiga Jenderal Mevolent yang keji, sangat fanatik, amat cerdas, dan teramat kuat. Skuduggery lah yang menangkap Vengeous delapan puluh tahun yang lalu. Dan Vengeous termasuk orang yang susah ditangkap.

Kini Skulduggery dan Valkyrie bertugas melacak dan menangkap Vengeous lagi. Pertama, ia mengunjungi China Sorrows. Bersama wanita itu, mereka merundingkan kemungkinan apa yang akan dilakukan Vengeous, yaitu membangkitkan para Sosok Tanpa Wajah lagi, yang nanti kebelakang dengan cara menciptakan makhluk hibrida yang disebut Grotesquery, sehingga Grotesquery ini dapat membuka portal untuk memanggil Sosok Tanpa Wajah. Dulu sebelum tertangkap oleh Skulduggery, Vengeous sedang menyiapkan pembangkitan. Hanya saja ada dua bahan yang dibutuhkannya namun saat itu belum ditemukan. Baju besi Lord Vile yang mengandung kekuatan nekromansi dan satu lagi tidak diketahui dengan pasti apa benda itu, namun berfungsi untuk mempertahankan para Sosok Tanpa Wajah agar tetap hidup. Kabarnya, kini rekan-rekan Vengeous telah menemukan bahan kedua ini.

Disisi lain, Kita akhirnya tahu kalau anak buah Vengeous yang bernama Sanguine lah yang membebaskannya dari penjara. Kemudian Vengeous memerintahkan Mr. Dusk untuk menangkap Valkyrie hidup-hidup. Hampir saja Valkyrie tertangkap oleh si vampir ini. Untung Skulduggery menolongnya. Tapi lagi-lagi Valkyrie hampir tertangkap dan kali ini oleh Mr. Billy-Ray Sanguine sendiri, yang bisa masuk dan keluar dari tanah sesuka hati. Saat itu Valkyrie sedang mengunjungi China sementara Skulduggery pergi untuk mengurus urusannya. China kedatangan tamu, si buronan, Baron Vengeous. Sementara China melawan Baron, Valkyrie dikejar-kejar Sanguine. Tapi kali ini Tanith lah penolongnya. Terjadi battle antara Tanith dan Mr. Sanguine. Hhe.. Ini yang aku suka dari buku ini. Walaupun terjadi pertarungan, situasi yang diciptakan tidak benar-benar situasi yang menegangkan, melainkan malah kekonyolan. Serius. Ceritanya jatuhnya malah lucu. Hha..

Selesai berhadapan dengan Sanguine dan Baron, Tanith dan Valkyrie pergi ke kediaman Gordon yang sekarang menjadi milik Valkyrie. Mereka berniat untuk mencari tahu tentang Grotesquery di salah satu buku milik Gordon. Saat Valkyrie menyusuri buku-buku di rak ruang kerja Gordon, ternyata ia menarik sebuah buku yang merupakan kunci rahasia untuk sebuah kamar rahasia. Lemari di depan Valkyrie berputar dan menampakkan ruangan lain. Valkyrie kagum dengan keberadaan ruang yang tampaknya menyimpan berbagai macam koleksi benda sihir, termasuk Batu Gema yang memunculkan memori dari Gordon. Awalnya Valkyrie jelas kaget dengan keberadaan pamannya yang tiba-tiba berdiri di depan matanya. Begitu juga Gema-Gordon, kaget saat melihat keponakannya di ruangan itu. Barulah si Gema-Gordon tahu kalau ternyata Gordon asli telah meninggal. Dari Gema-Gordon ini Valkyrie mendapat informasi mengenai Sang Torment yang kemungkinan tahu mengenai keberadaan Grotesquery.

Saat keluar dari rumah Gordon, Skulduggery baru saja tiba. Kepada kedua kawannya, Valkyrie hanya mengatakan bahwa ia mendapat informasi mengenai Sang Torment dari sebuah buku. Gema-Gordon masih membutuhkan waktu untuk mencerna kenyataan bahwa ia kini adalah satu-satunya versi Gordon yang ada di muka bumi ini. Jadi ia melarang Valkyrie untuk mengungkapkan keberadaannya dulu. Hhaha..

Segera Valkyrie, Skulduggery, dan Tanith mendatangi Vaurien Scapegrace, orang yang tahu dimana Sang Torment berada. Setelah menjalani tekanan ─yang cukup lucuu─ dari Skulduggery dan Tanith, Scapegrace akhirnya mengaku kalau ia tahu dimana Sang Torment berada. Yaitu di Roarhaven, kota para penyihir yang tidak pernah ramah pada orang asing. Mendapatkan informasi dari Torment pun tidak lebih mudah. Skuduggery harus melakukan kesepakatan dulu, Torment akan memberi informasi tentang Grotesquery asalkan Skulduggery membunuh Valkyrie. Alamak. Beneran deh.. Mau nggak mau Skulduggery membunuh si Valkyrie demi informasi itu. Tapi untungnya ia punya siasat dan Valkyrie bisa tetep hidup. Ahhahai..

Di Bancrook, Vengeous berhasil mendapatkan Grotesquery dan Skulduggery harus menghadapi kelompok ini seorang diri karena ia meminta Valkyrie untuk bersembunyi. Vengeous menginginkan Valkyrie namun Skulduggery belum tahu alasannya, itulah kenapa ia tidak mau mengambil resiko Valkyrie diincar Vengeous lagi. Tapi tetep aja akhirnya Valkyrie dikejar-kejar. Bahkan ketangkap oleh Sanguine dan dibawa olehnya kepada si bos, Vengeous. Ternyata darah Tetua yang mengalir di pembuluh darah Valkyrie lah yang dibutuhkan oleh Vengeous untuk membangkitkan Grotesquery. Itulah bahan yang selama delapan puluh tahun ini tidak didapatkannya.

Saat Valkyrie hampir saja membangkitkan si Grotesquery, Skulduggery datang dan melakukan tawar menawar. Valkyrie pun diserahkan kembali ke Skulduggery. Skulduggery punya rencana dan Valkyrie harus mengikuti rencana itu, yaitu Valkyrie harus menyetir dan membawa kabur van yang nanti akan diisi tubuh Grotesquery. Berhasil memang, tapi Valkyrie jadi babak belur. Saat di tempat Kenspeckle Grouse untuk mendapat pengobatan inilah ada adegan yang bikin ngakak😀 Lucuu kali.. Hha.. Sarkasme di novel ini memang jadi penghiburan tersendiri. Konyol abis..

Tapi sayangnya Grotesquery berhasil bangkit. Yang lebih parah, makhluk hibrida itu punya banyak kemampuan yang sangat menyulitkan Valkyrie, Skulduggery, dan Tanith. Bahkan Tanith terkena racun Helaquin yang sudah limapuluh tahun tidak terpakai, jadi sekarang hidup Tanith paling nggak hanya duapuluh menit lagi kalau mereka tidak segera mencapai Tempat Suci dimana terdapat penawarnya. Aduduh.. Sepertinya semua semakin runyam, apalagi sekarang Valkyrie juga jadi incaran si vampir Dusk karena rupanya Valkyrie berhasil membuat vampir itu dendam setengah mati dan mengejar Valkyrie untuk membunuhnya.

Di akhir-akhir cerita terjadi pertarungan yang seru dan mantap. Dan yang jelas, masih menyisakan misteri tentang sebuah kelompok rahasia bernama Diablerie yang menjadi atasan Sanguine karena ternyata si Sanguine ini memiliki bos selain Vengeous alias menghianati Vengeous. Aku yakin, jati diri Diablerie akan menjadi topik utama di buku ketiga, The Faceless Ones.

Seperti buku sebelumnya, jilid kedua ini juga nggak kalah seru. Dan lucu, yang pasti. Hhaha.. Yang pasti, aku nggak nyesel baca buku ini🙂 Tidak ada suatu basa-basi yang nggak perlu di novel ini karena menurutku, setiap adegannya selalu memberi informasi atau terdapat sebuah pertarungan yang asyik dan konyol😀

Ratingku buat novel ini : 8,2

 
3 Comments

Posted by on August 31, 2011 in Magic

 

3 responses to “Skulduggery Pleasant 2 – Playing With Fire

  1. DarFudtr

    January 13, 2012 at 3:25 pm

    Keren. Benar-benar keren.

     
  2. Sera

    February 24, 2012 at 5:23 pm

    Gila. Keren beneran. Udah ada vampir Dusk, Baron Vengeous, juga ada tokoh baru pembunuh bayaran, Billy-Ray-Sanguine. Bukunya ada humor, aah, Ratingku buat novel ini adalah……
    9,96

     
    • koleksinovelku

      March 2, 2012 at 5:27 pm

      hhahaha.. oke neng. itu hampir sempurna ratingnyaa oey😀 tapi ya, q juga suka kok ma novel satu nii.. guyonannya asik ^^

       

you have a comment? just write here and post it ^^,

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: