RSS

A Princess Diaries Book – Holiday Princess

20 Aug

  • Pengarang               :    Meg Cabot
  • Genre                      :    Teenlit
  • Tebal                       :    168 hlm ; 18 cm
  • Penerbit                   :    Gramedia
  • Harga                      :    25.000 IDR
  • Pertama terbit          :    November 2005
  • Cetakan                   :    Januari 2006
  • Tanggal Beli             :    28 September 2010

Seorang putri selalu tahu bagaimana cara menjalani hari raya. Ada Natal, Hanukkah, Yule, Tahun Baru Cinta, Saturnalia… itu baru beberapa contoh saja.

Lalu ada juga acara pertukaran hadiah, kalender Fabergé Kerajaan Genovia, cokelat panas dengan marshmallow ─ oh, dan semua film bertema hari raya itu. Bagaimana KAU akan merayakan hari raya? Mia dan beberapa rakyatnya akan memberimu beberapa ide.

Review :

Well, buku ini memang masih satu rangkaian dengan The Princess Diaries Series. Hanya saja dengan judul utama yang berbeda. A Princess Diaries Book terdiri dari tiga buku, Holiday Princess, Perfect Princess, dan Princess Lessons. Menurutku, ketiga buku ini nggak nyambung secara langsung dengan The Princess Diaries Series. Yah, bisa dibilang ini malah kaya, apa ya, uhm… semacam referat? Tapi bukan. Buku petunjuk? Aduh. Aku juga bingung njelasinya. Yang pasti, buku ini konsepnya beda dengan novel biasanya. Lebih banyak informasi yang memang ditujukan pada kita para pembaca.

Yang menarik, A Princess Diaries Book ini dilengkapi dengan ilustrasi yang cantik dan manis. Tidak terkecuali  Holiday Princess. Sang ilustrator sendiri adalah Chesley McLaren yang telah membuat ilustrasi bagi klien-klien sangat terkenal seperti Vogue, Instyle, The New York Times, Saks Fifth Avenue, dan Bergdorf Goodman.

Selain ilustrasi sebagai pelengkap, novel ini juga fullcolour lhoo. Oke, bukan sepenuhnya fullcolour memang. Hanya hitam dan merah. Tapi tetap saja, setiap halamannya jadi terasa lebih hidup!😀

Untuk isi dari buku kecil ini, terdiri dari perkenalan, delapan bab tentang berbagai macam hari libur, dan penutupan. Bab perkenalan dan penutupan diisi oleh Yang Mulia Putri Amelia Mignonette Grimaldi Thermopolis Renaldo, alias Putri Mia sendiri. Sedangkan untuk delapan bab yang lain diisi oleh banyak nama. Jadi gini, di tiap bab terdiri dari beberapa sub bab dan di masing-masing sub bab ini merupakan pendapat dari berbagai orang disekitar Putri Mia, seperti Janda Pangeran Clarisse Renaldo alias Grandmére alias nenek Putri Mia. Lalu ada para sahabat seperti Tina Hakim Baba dan Lilly Moscovitz. Ada sang kekasih, Michael Moscovitz. Juga ada Pangeran Genovia serta ayah Putri Mia ─Arthur Phillipe Renaldo, ibu Putri Mia ─Helen Thermopolis, ayah tiri Putri Mia ─Frank Gianini, dan adik bayi Putri Mia  ─Rocky Thermopolis Gianini. Bahkan ada Paolo si penata rias dan rambut kerajaan. Hhe.. Masih banyak lagi sebenarnya.

Dari buku ini, kalian mendapat banyaaak sekali informasi tentang perayaan di dunia ─walaupun sebagian besar tentang Natal sih. Ada berbagai macam perayaan Natal di dunia, itulah kenapa pembahasan paling banyak tentang Natal. Selain itu ada perayaan Tahun Baru. Bahkan di bab ini ada daftar tentang bagaimana mengucapkan ‘Selamat Tahun Baru’ dalam berbagai bahasa di Dunia. Menarik kan..? Contohnya nii, dalam bahasa Belanda ada Gelukkig Nieuwjaar, Dermark ada Godt Nytår, Jerman ada Ein glückliches neues Jahr, Portugis ada Feliz Ano Novo, dan yang terdiri dari paling banyak kata di antara daftar ini adalah dalam bahasa Hindi yaitu Nahi varsh ki haardik shubh kaamnaayen. Alamak..

Selain Natal dan Tahun baru, ada juga Tahun Baru Cina dimana di dalam bab ini berupa hasil wawancara Putri Mia dengan Ling Su Wong, artis berbakat dan warga Cina-Amerika. Dalam bab ini menjelaskan tentang apa itu Tahun Baru Cina dan tak lupa juga disertakan berbagai macam shio beserta karakter dan shio jodoh. Hhi..

Ratingku buat novel ini : 7,6

 
Leave a comment

Posted by on August 20, 2011 in TeenLit

 

you have a comment? just write here and post it ^^,

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: