RSS

The Calypso Chronicles 3 – Dueling Princes

03 Jul

  • Pengarang               :    Tyne O’Connell
  • Genre                      :    Drama
  • Tebal                       :    256 hlm ; 20 cm
  • Penerbit                   :    Gramedia
  • Harga                      :    30.000 IDR
  • Pertama terbit          :    2005
  • Cetakan ke-5            :    September 2010
  • Tanggal Beli             :    1 Februari 2011

Butuh waktu empat tahun, tapi akhirnya Calypso Kelly berhasil menanggalkan julukan Anak Amerika Anehnya dan menjadi bagian dari kelompok populer di sekolah asrama khusus wanitanya di Inggris. Ditambah lagi, Calypso berhasil menggaet Pangeran Freddie dan sekarang sedang dilanda asmara dan asyik ber-SMS ria dengan sang pangeran. Bahkan musuh bebuyutan dan teman sekamarnya, Honey O`Hare tidak akan bisa menjatuhkannya. Tahun ini Calypso juga bertekad memenangkan tempat dalam tim anggar nasional. 

Itu dia kenapa hal terakhir yang dibutuhkannya adalah kedatangan orangtuanya dari LA ke London. Dengan segala krisis paruh baya dan kekacauan mental mereka. 
Bisakah cewek modern ini memiliki semuanya? Pangeran, kemenangan di pertandingan anggarnya, sekaligus meyakinkan orangtuanya untuk mulai bersikap seperti orang dewasa?

Review :

Review kali ini secara keseluruhan aja ya. Well, kali ini masalah Calypso nggak cuma masalah sekolah dan percintaannya dengan Pangeran Freddie, tapi juga masalah keluarganya. Hubungan orang tua Calypso mulai retak. Mereka mulai pisah ranjang, dan yang semakin parah, ibu Calypso memutuskan untuk kembali dan menetap di Inggris. Alamak. Kini Calypso juga harus menganani urusan orangtuanya yang notabene “kekanakan”. Hha.. Sebenarnya, di satu sisi cerita ini kasihan, tapi di sisi lain juga lucu. Kelakuan orang tua Calypso ─Bob dan Sarah─ seperti kisah percintaan remaja. Tapi yang gawat disini, Calypso merasa kebebasannya mulai berkurang. Dengan adanya Sarah yang tinggal di Inggris dan dekat dengan Asrama Calypso, membuat ia sering mengunjungi atau bahkan meminta Calypso berkunjung ke rumah barunya padahal cewek itu pingin kencan sama Freddie. Satu lagi yang bikin Calypso malu, ibunya membeli rumah di daerah Common, Clapham yaitu tempat orang-orang yang tidak mampu membeli rumah besar di Chelsea yang hidup dalam angan-angan kemewahan, dan, yang lebih penting lagi, tempat itu terletak di selatan sungai, dan selatan sungai jelas bukan bagian dari dunia teman-temannya. Belum lagi Clapham juga sebuah tempat dengan tingkat kriminalitas tinggi. Wew.. Honey lah yang mati-matian menyindir Calypso.

Nanti diceritakan juga mengenai perdebatan hati Calypso antara mengenalkan Sarah pada Freddie atau nggak karena digambarkan oleh Tyne O’Connell bahwa sosok Calypso ini malu tentang kondisi orang tuanya dan terutama ibunya yang seperti anak kecil. Pernah suatu ketika Calypso bahkan lari dari Freddie saat bertemu dengan cowok itu. Huft. Kasihan Sarah. Mana dia polos gimana gituu.. Ckck..

Nah, yang paling ─paling─ konyol di seri ini adalah saat Calypso ada pertandingan anggar dan para pendukungnya yang berteriak-teriak nggak jelas dan sangat menarik perhatian adalah rombongan Sarah, Suster Constantine, Suster Regina, beberapa sahabat Calypso, dan sang pelatih, Mr.Wellend. Mereka menganggap diri mereka adalah sekelompok pasukan militer yang siap tempur dan mereka  menggunakan istilah Prajurit, Sersan, Kapten, dan Jendral. Ya ampun.. KONYOL abis! Aku aja ampe ketawa. Sedangkan Calypso, maluuu abiss.. Hhahaha…

Mungkin aku kurang suka dengan sikap Calypso terhadap ibunya. Tapi secara keseluruhan novel ini cukup menarik. Konflik yang disajikan jadi lebih beragam dan bagus. Dalam novel ini digambarkan salah satu reaksi seorang anak terhadap kemungkinan rencana perceraian orangtuanya. Gimana dia berusaha menyelesaikan masalah dan gimana dia mempertahankan diri terhadap serangan emosi tersebut.

Ratingku buat novel ini : 7,4

 
2 Comments

Posted by on July 3, 2011 in TeenLit

 

2 responses to “The Calypso Chronicles 3 – Dueling Princes

  1. rosyiida arbil (@just_teen_bieb)

    July 16, 2013 at 10:27 pm

    aku juga suka banget sama Calypso Corhichles….. apalagi pangeran Freddienya banget2 deh…… aku juga pengen baca cuku ke 4 – nya tpi masih pikir2 mau beli…….. eh aku punya saran, udah pernah baca novelnya cathy hopkins yang judulnya mates, dates and……. itu buanyak banget juga novelnya. Menceritakan soal 5 orang gadis remaja dan masalah2 mereka. Lumayan bagus kok novelnya.

     
    • koleksinovelku

      November 12, 2013 at 9:59 pm

      hhehe, hai rosyiida, maaf lama balas. iya, aku baca mates, dates series kok.. tapi sayang belum bisa komplit, soalnya buku lama, jadi sangat susa dicari. hhe..

       

you have a comment? just write here and post it ^^,

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: