RSS

Tunnels 2 – Deeper

22 Jun

  • Pengarang               :    Roderick Gordon & Brian Williams
  • Genre                      :    Adventure
  • Tebal                       :    816 hlm ; 20 cm
  • Penerbit                   :    Mizan
  • Harga                      :    79.500 IDR
  • Pertama terbit          :    2008
  • Cetakan ke-3            :    Februari 2009
  • Tanggal Beli             :    31 Desember 2010

Will semakin jauh memasuki dunia bawah tanah. Bersama Cal dan Chester, mereka berhadapan dengan kondisi yang sangat berbahaya: dikejar-kejar Limiter ―divisi pasukan khusus Styx yang terkenal kejam― beserta anjing pelacak mereka yang sama kejamnya, para pemberontak, dan makhluk-makhluk aneh yang mengancam keselamatan mereka.

Ternyata, Styx sudah mulai mewujudkan rencana mereka, mengirim wabah ke dunia atas, berusaha memusnahkan Topsioler dan merebut kembali tanah yang mereka janjikan.

Will tidak pernah menduga, perjalanannya di Deeper akan membawanya bertemu dengan hal-hal tak terduga. Dan perjalanannya belum berakhir, karena dia belum bertemu Dr. Burrows.

Review :

Buku kedua seri Tunnels, Deeper ini menurutku ceritanya semakin seru. Lebih seru daripada buku pertama. Tapi aku juga stuck di satu kondisi yang membuatku bosan setengah mati. Hadoo.. Sungguh, jarang-jarang aku sampai melompati  beberapa paragraf setiap kali baca karena ku bosan sama cerita yang disampaikan buku itu. Oke, ceritanya memang bagus, mendetail. Tapi karena terlalu detailnya inilah yang menurutku penyebab rasa bosan. Belum lagi ada saat dimana ceritanya muter-muter. Pokoknya aku paling suka kalo ada adegan action sama akhir ceritanya aja lah.

Awal cerita kali ini dibuka oleh Sarah Jerome yang menerima kabar tentang kematian adiknya, Tam. Sejak saat itu setiap kali cerita Sarah muncul kebanyakan mengenai misinya untuk menemukan Will dan mencari tahu tentang kebenaran bahwa Will lah penyebab kematian Tam. Namun sayangnya hatinya hancur karena setiap kali info yang ia dapatkan semakin memberatkan Will dan ia menyimpulkan bahwa sekarang Will menawan Cal dan memaksa anak itu untuk mengikutinya. Sudah ketebak lah kalau ini siasat Styx untuk mengadu domba Sarah dan Will. Tapi yang bikin jengkel, kenapa juga Sarah yang udah tahu gimana watak Styx malah mempercayai info itu sampai akhirnya ia bertekat untuk menemukan Will dan membalas dendam karena kematian Tam. YA AMPUN! Bisa-bisanya seorang ibu mau membunuh anaknya sendiri karena info yang belum tentu benarnya?! Huh..

Disisi lain, tar Will, Chester, dan Cal berpetualangan semakin jauh ke perut bumi. Tak disangka mereka bertemu dengan kaum Coprolite, sebuah koloni yang bekerja di semacam penambangan dan merupakan kaum yang tidak pernah bersosialisasi. Dalam perjalanan ini, Cal mati! Dengan sedih Will dan Chester meninggalkan jasad Cal. Setelah melalang buana selama dua hari, mereka menghadapi rintangan. Untungnya ada Drake dan Elliot yang menyelamatkan mereka. Mereka berdua adalah pemberontak dan ternyata Drake adalah seorang Topsoil yang sudah lama tinggal di Deeps. Saat Drake menanyakan tentang Cal yang terus menerus disebut-sebut kedua bocah itu, baru diketahui bahwa sesungguhnya Cal tidak meninggal ―atau setidaknya belum meninggal. Ternyata Cal digunakan sebagai semacam ‘sumber energi’ oleh suatu tanaman yang disebut sebagai jebakan gula, itulah kenapa saat Will dan Chester meninggalkannya, Cal tidak bernafas lagi. Dengan perjalanan cepat Drake dkk., Cal akhirnya dapat diselamatkan. Untuk pemulihannya ia memerlukan pelatihan karena anggota geraknya sangat lemah.

Selama perjalanan itu, kelima orang ini menemukan sebuah fasilitas penelitian bawah tanah dan banyak spesimen juga manusia korban percobaan. Ternyata fasilitas inilah yang digunakan Styx untuk mengembangkan sebuah virus yang kemudian akan mereka sebarkan di antara Topsoiler untuk memusnahkan mereka. Virus Dominion, begitulah sebutannya.

Saat mendekati lubang Pore, Will, Cal dan kawan-kawannya bertemu dengan Sarah. Aku suka pertemuan kedua bocah ini dengan ibu mereka. Dan akhirnya Sarah mengakui kan kalau ia selama ini ia telah salah menilai Will. Tapi sayangnya kebersamaan ibu-anak ini tidak lama karena Sarah sekarat akibat luka  tembak. Kasihan.. Baru bertemu udah berpisah lagi T.T Tapi kok aku juga sebel ya sama karakter Sarah. Heu..

Akhir buku ini yang membuatku ternganga. Gimana nggak, Cal yang ‘mati’ lalu hidup kembali hanya untuk kemudian mati lagi! Astaga…! Cal mati coba?! Buh.. Yang jelas, ketegangan yang digambarkan pada saat-saat akhir ini semakin keren. Belum lagi tar saat akhirnya Will, Chester, dan Elliot terjun ke dalam Pore disusul oleh Sarah yang tiba-tiba muncul dan menarik si kembar Rebecca juga ke dalam Pore. Oh ya, si kembar Rebecca. Ternyata cewek Styx itu kembar! Dan selama ini mereka bergantian memainkan peran sebagai adik Will di Topsoil. Oh oh.. Dan cerita berlanjut ke seri tiga, Free fall, deh..

Ratingku buat novel ini : 7,6

 
5 Comments

Posted by on June 22, 2011 in High Fantasy

 

5 responses to “Tunnels 2 – Deeper

  1. mitama134666

    June 22, 2011 at 6:37 pm

    Setuju, Deeper emang lebih seru daipada Tunnels yang openingnya sungguh sangat lama sekali. Nyampe ke konflik yang sebenernya itu nyiput banget. ==a

    Aku udah baca sampe freefall. Lagi nunggu yang Closer ada di rental buku. *daku miskin*

    Dan… aku masih nggak rela sama Cal yang hidup lagi cuma buat dimatiin lagi! DX

    PS: theme blog kita sama. Hehe..😀

     
    • koleksinovelku

      June 23, 2011 at 8:25 am

      yups… kejar juga Closer nya yaa karena aku juga suka konflik di Closer. dulu waktu skolahku deket rental aku jg suka pinjam, tapi lebih ke komik sih soalnya lum ada ktertarikan ke novel. pling wktu itu novel yg kubaca Harpot aja, itu aja pnjem temen yg punya.. hhe..
      eh iyaa, aku uda liat blog kmu.. cuma beda warna ajaa..😀

       
  2. annisaanggiana

    June 23, 2011 at 7:16 am

    Hiyaaa kayaknya rame ya?? Kok aku jarang liat di toko buku.. Cari aaaahh, hehe, thanks for the review dian…

     
    • koleksinovelku

      June 23, 2011 at 8:50 am

      yups, lumayan seru kok.. tapi imajinasinyaaa, wew, tingkat tinggi.. hhaha..

       
  3. Rahman

    January 14, 2014 at 1:11 pm

    Kamu beli novel tunnels (series) ini toko apa ya? Cz saya sudah mencari di beberapa gramedia di berbagai wilayah tapi tidak ketemu… email me ya… Thanks🙂

     

you have a comment? just write here and post it ^^,

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: