RSS

Twilight 4 – Breaking Dawn

03 Jun

  • Pengarang               :    Stephenie Meyer
  • Genre                      :    Drama, Fantasy, Action
  • Tebal                       :    864 hlm ; 20 cm
  • Penerbit                   :    Gramedia
  • Harga                      :    95.000 IDR
  • Pertama terbit          :    2008
  • Cetakan ke-7            :    Januari 2009
  • Tanggal Beli             :    8 Februari 2009

Bila kau mencintai orang yang membunuhmu, kau tak punya pilihan. Bila nyawamu satu-satunya yang harus kauberikan untuk orang yang kaucintai, bagaimana mungkin kau tidak memberikannya?

Bagi Bella Swan, mencintai dan dicintai vampir bernama Edward adalah bagaikan khayalan dan mimpi buruk yang dirajut jadi satu ke dalam kenyataan. Bukan itu saja, hubungannya yang sangat istimewa dengan Jacob Black sang werewolf, ternyata menyeret Bella ke pilihan-pilihan pelik yang membuat hati keduanya tercabik-cabik. Tapi konon cinta harus memilih, dan karenanya Bella harus memutuskan. Dan sebagai orang yang sangat mengenal Bella, Jacob tahu persis apa keputusan gadis itu. Lalu sanggupkah Jacob meninggalkan Bella selamanya untuk menyembuhkan luka-luka hatinya sendiri? Dan ketika Bella mencarinya, sanggupkah Jacob mengatakan tidak?

Review :

Buku terakhir dari Twilight Saga, Breaking Dawn setelah kita melalui proses yang lumayan panjang dari buku pertama, Twilight, lalu New Moon, dan yang ketiga Eclipse. Buku ini terdiri dari tiga bagian, yang pertama dari sudut pandang Bella, yang kedua dari sudut pandang Jacob, dan yang terakhir kembali ke Bella lagi.

Seperti yang sudah kita tahu, di buku ketiga Edward memberikan syarat bahwa Bella harus menikah dulu dengan dirinya jika ingin Edward yang membuat dia berubah menjadi vampir. Akhirnya dalam buku keempat Breaking Dawn ini, Bella resmi menikah dengan Edward dan berbulan madu di sebuah pulau terpencil di negara Brasil. Tidak butuh waktu lama untuk Bella hamil. Tentu saja ini berita bahagia, namun sayangnya tidak bagi Edward karena dirinya mendorong Bella untuk menggugurkan kandungannya. Bagaimana tidak, dalam waktu hampir tiga minggu bulan madu mereka, Bella sudah hamil dan terlihat gundukkan kecil di perutnya. Terang saja Edward cemas setengah mati dan meminta Carlisle untuk mengeluarkan ‘makhluk itu’ dari perut Bella. Sayangnya Bella tetap menginginkan bayinya dan curhat ke Rosalie, seseorang yang sangat berharap memiliki anak sebelum terpaksa diubah menjadi vampir.

Seperti halnya Edward, sekawanan werewolf juga memutuskan untuk menghilangkan bayi yang ada di dalam kandungan Bella meski dalam prakteknya nanti harus membunuh Bella juga. Tentu saja hal ini sangat ditentang oleh Jacob dan dia akhirnya mengundurkan diri dari kawanan tersebut bersama Seth dan Leah.

Singkat cerita, dalam waktu hanya sebulan sejak kehamilannya, Bella melahirkan seorang anak perempuan yang diberi nama Renesmee. Wow.. Dan setelah proses melahirkan inilah akhirnya Bella bertransformasi menjadi vampir dikarenakan Bella mengalami kekurangan banyak darah saat itu. Sementara Jacob yang ikut hadir dalam proses persalinan, tiba-tiba mengalami imprint terhadap Renesmee dan menyatakan telah menemukan soulmate-nya kini. Aku syok setengah mati di bagian ini. Jacob gitu? Dengan Renesmee?? Hhe.. Lucu juga.. Belum lagi nanti kenyataannya Jacob berperan aktif dalam menjaga Renesmee dan dia sangat protektif walaupun awalnya ia mendapat amukan dari Bella.

      “Tega-teganya kau,”

      Jacob mundur, kedua tangan terangkat, berusaha memberi penjelasan. “Kau tahu itu bukan sesuatu yang bisa kukendalikan.”

      “Dasar anjing tolol! Tega-teganya kau? Bayiku!”

      Jacob mundur keluar pintu depan… “Itu bukan kemauanku, Bella!”

      “Aku baru menggendongnya satu kali, tapi belum-belum kau sudah menganggap dirimu berhak atas dirinya? Dia milikku.

      “Aku bisa kok berbagi,” kata Jacob dengan nada memohon sementara ia mundur melintasi halaman.

      “Berani-beraninya kau meng-imprint bayiku? Kau sudah gila, ya?”

      “Itu tidak kusengaja!” Jacob bersikeras..

Ckck.. Kuakui, ini ide cerita yang menarik. Bella memang pernah berkata bahwa ia dan Jacob akan selalu bersama sebagai keluarga, tapi jelas bukan begini yang dimaksud Bella. Siapa yang mau cowok yang kamu sukai dan sayangi bakal jadi menantumu? Hha..

Sementara itu di sisi lain, terjadi kegawatan tersendiri. Ada seorang vampir bernama Irina yang dulunya merupakan komplotan Tanya, menduga bahwa Renesmee adalah seorang bayi abadi, bayi yang berubah menjadi vampir. Tentu saja ia melaporkan keberadaan Renesmee pada keluarga Volturi. Sementara dalam undang-undang di keluarga Volturi, bahwa kehadiran bayi abadi dinyatakan tidak sah dan harus dimusnahkan karena akan mengancam kerahasiaan kehidupan vampir di muka bumi yang telah dijaga selama ini. Terjadilah kegentingan dan perang. Bella harus menyusun rencana untuk melindungi keselamatan Renesmee dan kali ini ia mempercayakan keselamatan anaknya itu pada Jacob. Aku paling suka bagian Bella memainkan siasat untuk menghindari Edward agar suaminya itu tidak tahu-menahu mengenai rencana Bella karena kalau Edward sampai tahu, pihak Volturi yang bisa membaca pikiran akan segera mengetahui rencana itu. Itulah kenapa sangat penting untuk dirinya bekerja sendiri menyusun segala sesuatunya, bahkan menyiapkan identitas baru untuk Renesmee dan Jacob kalau-kalau mereka harus bersembunyi dari dunia.

Aku suka banget novel terakhir ini. Penuh intrik dan siasat. Belum lagi aku berhasil membayangkan sosok immortal Bella yang anggun dan sangat cantik, terlepas dari kenyataan bahwa Kristen Steward yang bakal memerankan peran Bella Immortal lho yaaa. Karena sungguh, aku lebih suka Bella di dalam imajinasiku dari pada Bella di versi filmnya :p

Ratingku buat novel ini :  8,6

 
Leave a comment

Posted by on June 3, 2011 in Dark Fantasy

 

Tags: ,

you have a comment? just write here and post it ^^,

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: