RSS

Twilight 3 – Eclipse

01 Jun

  • Pengarang               :    Stephenie Meyer
  • Genre                      :    Drama, Fantasy, Action
  • Tebal                       :    688 hlm ; 20 cm
  • Penerbit                   :    Gramedia
  • Harga                      :    70.000 IDR
  • Pertama terbit          :    2007
  • Cetakan ke-6            :    Januari 2009
  • Tanggal Beli             :    31 Desember 2008

Bella yakin ia hanya mencintai Edward. Tapi benarkah begitu?

Sebab sekali ini Jacob takkan tinggal diam; ia akan membuktikan kepada Bella, bahwa gadis itu juga mencintainya.

Ada sesuatu yang Edward tak ingin kuketahui.
Sesuatu yang takkan pernah dirahasiakan Jacob dariku.
Sesuatu yang membuat keluarga Cullen dan kawanan werewolf rela melakukan gencatan senjata dan bekerja sama bahu-membahu…
Sesuatu yang kunanti-nantikan.
Sesuatu yang meskipun tak pernah kuharapkan bakal terjadi,
toh terjadi juga.

Di Seattle terjadi serangkaian pembunuhan misterius, sementara Victoria, vampir yang menyimpan kebencian terhadap Bella terus melanjutkan aksi balas dendamnya. Sekali lagi Bella menemukan dirinya terperangkap dalam bahaya. Di tengah-tengah semua itu, ia juga dipaksa untuk memilih antara cintanya kepada Edward dan persahabatannya dengan Jacob. Bella sadar, apa pun pilihannya nantinya, itu bisa memicu pertempuran tanpa akhir antara vampir dan werewolf. Dan seolah-olah itu belum cukup berat, ada satu lagi keputusan penting yang harus diambilnya: kehidupan ataukah kematian.

Review :

Perseteruan Jacob dan Edward sangat terasa di buku ini..

Bella mulai merasa bingung. Hatinya yang sejak dulu diyakininya hanya tercurah untuk Edward, sekarang terbelah menjadi dua, karena Jacob. Jacob yang disayanginya seperti saudara, yang telah menjaganya dimasa sulit ketika Edward meninggalkannya, terus saja ngotot untuk membuktikan bahwa ia memiliki tempat dalam hati Bella, bukan hanya sebagai sahabat, tapi juga kekasih, dan Bella menjadi muak pada diri sendiri ketika akhirnya menyadari kebenaran dari pendapat Jacob tersebut.

Yang menarik di cerita ini, Bella Swan yang manusia biasa dengan semua kelemahan dan ketidaksempurnaannya, berani-beraninya jatuh cinta pada 2 orang sekaligus! Edward Cullen, kekasih vampirnya yang rela mengorbankan keselamatan dirinya sendiri serta seluruh anggota keluarganya untuk memastikan bahwa Bella tetap aman, dan Jacob Black, si manusia serigala yang sudah mendedikasikan seluruh hati dan hidupnya untuk menjaga dan melindungi Bella dari semua hal yang dianggapnya berbahaya, termasuk dari Edward. Hhihi..

Tenyata Bella juga dihadapkan pada bahaya yang lebih besar daripada perseteruan kedua pemuda tersebut, maupun perseteruan antara vampir dan manusia serigala yang hidup di seluruh Forks. Sekelempok vampir baru sedang tercipta. Vampir-vampir ini masih belum terkendali dan liar. Belum lagi ternyata tujuan utamanya untuk mengejar Bella dan mengalahkan keluarga Cullen serta membantai warga manusia sebagai ‘makanan’ mereka. Untuk kali pertama dalam sejarah mereka, vampir dan manusia serigala terpaksa bersatu untuk melindungi seluruh Forks dan juga Bella.

Seusai perang, muncullah keluarga Volturi yang diwakili oleh Jane dan Felix yang kejam. Tujuan mereka datang sebenarnya untuk mengurus kekacauan di Seattle akibat ulah para vampir baru, tapi ternyata mereka kalah cepat saat tiba. Mereka terkesan dengan kemampuan keluarga Cullen yang bisa mengalahkan vampir baru sebanyak itu. Mereka tidak tahu kalau ternyata selama pertempuran Keluarga Cullen mendapat bantuan dari para werewolf. Keluarga Volturi sendiri juga tidak tahu menahu mengenai keberadaan para werewolf sedangkan Keluarga Cullen tidak sekalipun menyingung mengenainya. Aku suka bagian cerita dimana kedua pihak yang berseteru ini bekerjasama. Sangat manis🙂

Buku ketiga dari seri Twilight Saga ini membawa kisah cinta ala Romeo dan Juliet ketingkat yang lebih tinggi dan seru. Stephenie Meyer memberikan gambaran yang luar biasa mengenai ini dengan mengungkapkan kekacauan dalam diri Bella akibat percabangan hatinya. Dan tentu saja unsur fantasinya yang meningkat seiring dengan munculnya pertarungan antara manusia serigala dan vampir secara terbuka. Menurutku secara keseluruhan buku ini sangat bagus, lebih mencekam, dan lebih gelap. Bagian cerita segitiga mereka sangat menarik dan membuatku sedih karena Bella terasa mengantungkan kedua cowok ini. Belum lagi penggambaran perasaan Jacob di akhir cerita. Hew.. Tapi selebihnya, mantaplah!

Ratingku buat novel ini : 8,2

 
Leave a comment

Posted by on June 1, 2011 in Dark Fantasy

 

Tags: ,

you have a comment? just write here and post it ^^,

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: