RSS

Twilight 1 – Twilight

26 May

twilight 1-twilight

  • Pengarang               :    Stephenie Meyer
  • Genre                      :    Drama, Fantasy, Action
  • Tebal                       :    520 hlm ; 20 cm
  • Penerbit                   :    Gramedia
  • Harga                      :    65.000 IDR
  • Pertama terbit          :    Agustus 2005
  • Cetakan ke-7            :    Januari 2009
  • Tanggal Beli             :    31 Desember 2008

“Tentang tiga hal aku benar-benar yakin:

Pertama, Edward seorang vampir.
Kedua, ada sebagian dirinya—dan aku tak tahu seberapa dominan bagian itu—yang haus akan darahku.
Dan ketiga, aku mencintainya. Dan cintaku padanya teramat dalam dan tanpa syarat.”

Ketika Isabella Swan pindah ke Forks yang muram, ia bertemu Edward Cullen, cowok misterius sangat memesona yang membuat perasaannya jungkir balik. Dengan kulit porselen, sepasang mata keeemasan, dan suara merdu memikat, Edward sungguh sosok teramat menarik yang membuat Isabella terpikat. Selama ini Edward telah berhasil menyembunyikan identitasnya yang sesungguhnya, tapi Bella bertekad untuk menyingkapkan rahasia paling kelamnya.

Hanya saja Bella sama sekali tidak menyadari bahaya yang menantinya, ketika hubungannya dengan Edward semakin akrab. Dan sanggupkah Bella berpaling dan meninggalkan Edward sebelum segalanya terlambat dan tak ada jalan kembali baginya?

Ini adalah kisah cinta terlarang. Dan seperti cinta terlarang lainnya, cinta ini tak mengenal jalan kembali, selain menjadi hidup dan sekaligus mati pada saat yang sama.

Review :

Kalian pasti sudah tahu kan Saga Twilight.. Nah ini versi bukunya. Yang akan kita bahas dulu yaitu buku pertama dari empat seri Saga Twilight yang berjudul Twilight. Waktu aku beli buku ini, aku lebih memilih cover versi lamanya, menurutku lebih menarik aja. Tapi kebanyakan buku lain yang sudah dibuat filmnya dan kebetulan ada novel versi cover film, aku cenderung lebih milih yang cover versi lama sih. Lebih ada seninya. Ceileh.. hhaha..

Nah, pada dasarnya buku karangan Stephenie Meyer ini secara keseluruhan menceritakan tentang hubungan segitiga antara Bella Swan yang seorang manusia biasa, Edward Cullen yang seorang vampire, dan Jacob Black. Dan, di buku pertama ini, diceritakan Bella adalah seorang murid pindahan dari Phoenix karena ibunya, Renée, memutuskan untuk menikah lagi. Karena tidak ingin mengenggu kehidupan baru ibunya, ia memutuskan untuk pindah ke sebuah kota kecil Forks. Di Forks Bella tinggal bersama ayahnya, Charlie,  yang seorang kepala polisi.
Bella masuk ke SMA setempat, dimana dia mulai berteman dengan Jessica, Mike, Angela dan Eric. Bella juga  bertemu dengan Edward Cullen. Cowok yang sangat menarik dan misterius, yang tidak pernah bergaul dengan orang lain selain anggota keluarganya yang sama misteriusnya dengan dirinya. Mereka selalu berlima, Edward, Emmett, Rosalie, Jasper, dan Alice. Sudah ketebak kan dari sanalah kisah mereka dimulai. Singkat cerita Bella dan Edward mulai menjadi semakin dekat sampai akhirnya Bella mengetahui rahasia keluarga Cullen yang terbesar bahwa keluarga Cullen adalah keluarga vampire. Tetapi meskipun keluarga vampire, mereka tidak menghisap darah manusia, melainkan hanya memburu binatang dan mereka mengistilahkan diri bahwa mereka adalah vegetarian. Hhe.. lucu..

Diceritakan, pada saat yang sama di sekitar Forks terjadi beberapa serangan misterius terhadap manusia, dimana korbannya dihisap darahnya sampai habis. Sayangnya polisi menyimpulkan bahwa kejadian-kejadian tersebut hanyalah “serangan binatang”. Hingga suatu ketika, Bella sedang bersama keluarga Cullen bermain Baseball ketika mereka bertemu dengan kelompok vampire yang lain. Sebuah kelompok kecil yang terdiri dari tiga vampir bernama Laurent, Victoria, dan James. Awalnya mereka berpisah dengan ‘lebih baik’, namun kenyataannya mereka sangat tertarik pada Bella dan memburunya, terutama James. Dan meskipun keluarga Cullen sudah berusaha menyembunyikan keberadaan Bella, James tetap mengetahui keberadaan Bella dan berusaha memburunya. Akhirnya, Bella harus melarikan diri dengan dibantu oleh keluarga Cullen. Mereka mengatur strategi untuk mengacaukan perburuan James.

Menurutku secara keseluruhan, Twilight merupakan buku yang bagus. Kisahnya cukup seru dan menegangkan, tapi tidak terlalu berat untuk diikuti. Dari awal sampai akhir kita akan terhanyut dalam kisah Bella dan Edward dan akan dibuat terkesima oleh keunikan masing-masing anggota keluarga Cullen. Aku paling suka karakter Alice dan Carlisle. Hhe..

Novel Twilight ini menyajikan suatu plot dan genre yang berbeda daripada kebanyakan novel-novel remaja yang beredar sampai saat ini. Sang pengarang,  Stephenie Meyer berhasil memadukan antara fantasi dan romance dengan sangat apik dalam kisah Twilight. Tetapi, bahasa yang digunakan dalam Twilight, mungkin terlalu berlebihan untuk sebagian orang. Begitu juga dengan tingkah laku dan tindakan karakter-karakternya. Tapi menurutku pribadi nggak masalah ah. Toh ceritanya seru. Sangat kusarankan buat yang suka mengoleksi dan membaca novel.

twilight movie posterSeperti yang sudah kita tahu, novel ini telah difilmkan dan sekarang sedang menantikan film terakhirnya, Breaking Dawn. Film Twilight diproduksi oleh Summit Entertainment pada tahun 2008 dengan durasi 122 menit dan di Indonesia sendiri di release pada tanggal 3 Desember 2008. 

robert pattinsonkristen stewart as bella swan

 

 

 

 

 

 

Kalau aku pribadi kurang suka sama filmnya karena menurutku filmnya sangat terasa dramanya dan aku juga kurang sreg sama para pemainnya terutama dua tokoh utamanya, Edward dan Bella. Robert Pattinson kurasa tidak cocok memerankan Edward karena di dalam imajinasiku, tokoh Edward jauh lebih tampan dan keren sedangkan dari Pattinson aku tidak mendapatkan image dan feel nya. Gimana ya ngomongnya, intinya nggak cocok lah. Hhe.. Maap ya buat kalian yang suka Pattinson, kali ini aku tidak bisa sependapat. Begitu pula dengan Kristen Steward. Aku juga tidak mendapatkan feel saat dia main. Menurutku ―ini menurutku lho ya― mereka kurang profe karena saat nonton Twilight aku seperti disuguhi film yang pemainnya hanya membaca skenario, intinya, mereka kurang menghayati peran mereka. Bisa dibilang filmnya memang agak mengecewakan.

Untungnya aku cukup terhibur dengan para pemain yang lain seperti Billy Burke sebagai Charlie, Peter Facinelli sebagai Carlisle, Elizabeth Reaser sebagai Esmé, lalu ada Kellan Lutz, Ashley Greene, Jackson Rathbone, dan Nikki Reed sebagai Emmett, Alice, Jasper, dan Rosalie. Para pemainnya sangat bagus dalam memerankan karakter mereka, bahkan karakter Rosalie yang keras pun bisa dibawakan dengan baik oleh Reed.

Ratingku buat novel ini : 8

 
4 Comments

Posted by on May 26, 2011 in Dark Fantasy

 

Tags: ,

4 responses to “Twilight 1 – Twilight

  1. Novita

    May 28, 2011 at 8:34 pm

    gara2 nonton film ini aku gak mau nyentuh saga twilight sama sekali. jelek abis filmnya. apalagi film dgn kualitas kayak gitu berhasil ngalahin 007: Quantum of Solace yg jaauuuhh lbh keren.. dendam langsung.hihiihi…
    pattinson gak ada ganteng2nya pula *lho,bablas nyela* ;p

     
    • koleksinovelku

      June 4, 2011 at 7:53 pm

      iyaaa, setujuu.. pattinson emang ga ada ganteng”nya.. apalagi klo lagi disorot dari samping, aduuh.. hhaha..
      nah, untungnya tmenku brhasil meyakinkanku kalo bukunya jauh lebih bagus drpd filmnya, makanya aku baca. Dan ya, stlh baca ternyta brdampak aku jd smakin kecewa ma filmnya.. dan aku suka sama bukunyaa.. jauh lebih suka..🙂

       
  2. Nida Nurshofa

    December 20, 2012 at 11:59 am

    lebih suka sama Jacob atau Taylor Lautner,Kellan Lutz, Bobo Bobo Stewart dll nya🙂

     
  3. cwegk mwanies

    February 13, 2014 at 9:50 pm

    wow twilight bwagus bnget flimx edward gwanteng bnget ….
    aqw pngen pnx pcr kyak edward soalx brtnggung jwb , romantis , perhatian , dll.
    apalagi kmaren tnggal 12-02-2014 twilight saga new moonx tuch romantis and menyedihkan … truz pas jacob rambutx di potong wow gwanteng and cool bnget ..,
    jngan rmehkan flim twilight krna flimx tuch bisa di ambil maknax ….

    pokokx i like it twilight ….

    and i love you edward ……
    ❤❤❤❤ edward

     

you have a comment? just write here and post it ^^,

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: