RSS

Percy Jackson & The Olympians 5 – The Last Olympian

20 May

  • Pengarang               :    Rick Riordan
  • Genre                      :    Fantasy, Mythology, Adventure
  • Tebal                       :    456 hlm ; 20 cm
  • Penerbit                   :    Mizan Fantasi
  • Harga                      :    57.000 IDR
  • Pertama terbit          :    2009
  • Cetakan ke-1            :    Juni 2010
  • Tanggal Beli             :    5 Juli 2010

Akhirnya, ramalan besar itu pun didengar utuh oleh Percy Jackson saat beberapa hari lagi dia benar-benar akan menginjak usia enam belas tahun.

Kekhawatiran memuncak, ketegangan menjadi-jadi.

Kronos dan sekutu para Titan menyusun strategi penyerangan penghabisan dari segala penjuru. Seluruh blasteran di perkemahan pun bersiap untuk pertempuran terdahsyat dalam hidup mereka. Bahkan para dewa pun tak tahu, apakah ini akan menjadi akhir dari Olympus, akhir dari peradaban Barat? Istana Poseidon di ambang kehancuran, raksasa terkuat andalan sang penguasa Titan, Typhon, menyerang kota dan bergeming meski dihadang bertubi-tubi oleh para dewa. Petir Zeus bahkan tak bisa melukainya!

Percy hampir tak punya harapan, kecuali satu jalan keluar yang diusulkan Nico sang putra Hades. Namun, jika keberuntungan tak berpihak kepadanya, tindakan itu bisa berujung pada kematiannya―dan kemusnahan Bangsa Olympia.

Review :

Akhirnya tiba di jilid terakhir seri Percy Jackson & The Olympians! Ya ampun.. Aku inget, dulu waktu baca novel ini rasanya sayaaang banget novel ini berakhir. Tapi ya apa boleh buat, memang berakhir di seri ke 5.. Yang penting, akhir ceritanya mantap! The Last Olympian ini penuh dengan intrik, bahaya, dan yang jelas penuh petualangan. Hampir selalu cerita berlanjut dari satu laga ke laga selanjutnya, hampir tanpa adegan nggak penting. Setiap adegannya menurutku penting, entah itu yang lagi perang atau adegan itu mengandung petunjuk tertentu untuk adegan-adegan berikutnya.

Rasa lucu menggelitik bagiku saat membaca adegan dimana ada Tyson dan Percy, dan Tyson yang merupakan  saudara tiri Percy dari ras Cyclops memanggil Percy dengan panggilan ‘kak’, ya ampun, aku geli setengah mati.. Hhaha..

Disini akhirnya Percy melihat Istana bawah laut ayahnya, Poseidon. Sayangnya saat itu situasi dan kondisi tidak memungkinkan untuk berkunjung biasa. Percy bertemu istri kekal dan anak Poseidon. Agak canggung sebenarnya. Aku aja yang baca ikut merasa canggung.. Percy dan ayahnya ―ini bagian yang aku suka! Saat ayah dan anak itu bertemu! Hhehe― terlibat perbincangan dimana Poseidon memaksa Percy untuk  kembali ke daratan dan melanjutkan perjuangannya.

Nah, diceritakan  akhirnya tubuh Luke diambil alih Kronos. Untuk mencari tahu tentang Luke, Percy dan Nico mengunjungi Bu Castellan, ibu kandung Luke. Mereka menemukan satu fakta, bahwa ternyata Ibu Luke dapat melihat menembus Kabut dan kini mengalami gangguan jiwa karena pernah mencoba untuk menjadi Oracle dan gagal lalu kemudian Luke kecil pergi meninggalkannya. Kabur. Tambah kacau lah kejiwaannya. Lah, waktu Percy sama Nico berkunjung aja Percy dipanggil Luke. Ckck.. Kasihan..

Setelah mengunjungi Bu Castellan, Percy dan Nico bertemu dengan Dewi Hestia, Dewi Perapian, yang ternyata eh ternyata, dialah yang nanti yang dimaksud sebagai Dewi Olympia Terakhir. Kenapa? “… karena ketika segala hal lain gagal, ketika semua dewa kuat lain pergi berperang, akulah satu-satunya yang tertinggal. Rumah. Perapian. Akulah dewi Olympia terakhir…” kata Dewi Hestia. Wew..

Akhir cerita juga cukup adil. Walaupun kaget juga. Ternyata Rachel nanti jadi Oracle dan membuatnya tidak bisa menjalin kasih dengan Percy, sedangkan Percy, taulah, pasti bakal jadian sama Annabeth.. Semuanya happy ending! =D

Dari hasil pengalamanku membaca seri Percy Jackson, aku merekomendasikan buku ini buat kalian baca. Sangat ku rekomendasikan! Buku ini terasa fresh dengan idenya yang cemerlang serta tema mitologi Yunani yang asik untuk diikuti. Walaupun ceritanya sering adegan bertempur, tetap ada selingan humor yang menjadikan nya asyik. Bahkan humor-humor itu tidak jarang dikeluarkan oleh para Dewa, termasuk Poseidon dan Zeus dan jelas, aku tertawa membacanya. Di bayanganku, Poseidon dan Zeus jelas tipe yang asik dan bukan pribadi yang kaku-kaku amat.

Dan satu pujian terakhir dariku, Rick Riordan adalah seorang jenius! Riordan sangat keren bisa menyuguhkan sebuah cerita yang sangat layak untuk diikuti =)

Ratingku buat novel ini : 8,8!

 
4 Comments

Posted by on May 20, 2011 in Mythology

 

4 responses to “Percy Jackson & The Olympians 5 – The Last Olympian

  1. luvnovel

    September 22, 2011 at 11:16 pm

    Buku ini emg hrs dibaca…ga mbosenin…jd pgn baca novel Rick Riordan yg lain…kpn ya terbit dlm bhs indo?.. Hehe

     
    • koleksinovelku

      September 23, 2011 at 12:21 pm

      yups, buku ini asik banget buat diikutiin.. wah, klo mengenai buku lain yg bakal diterjemahin, aku krg tau nii😉

       
  2. luvnovel

    October 9, 2011 at 9:36 pm

    Kabar gembira…red pyramid terbit Oktober ini :p

     
    • koleksinovelku

      October 11, 2011 at 7:17 pm

      iya ya?? aduh, aku ketinggalan berita nii.. akhir-akhir ini lgi susah buat update ='( red pyramid yang nerbitin siapa? mizan kah?

       

you have a comment? just write here and post it ^^,

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: