RSS

Percy Jackson 1 – The Lightning Thief Movie

15 May

Nah, udah tau kan kalau Percy Jackson The Lightning Thief ada filmnya?? Yups, memang ada. Di Indonesia film ini release pada tanggal 10 Februari 2010. Film yang di produksi oleh Fox 2000 Pictures ini berdurasi 118 menit  dan  diperankan oleh Logan Lerman, Brandon T. Jackson, dan Alexandra Daddario sebagai tiga tokoh utama. Di film ini juga terlibat Pierce Brosnan, Uma Thurman, Sean Bean, Melina  Kanakaredes, Rosario Dawson, Catherine Keener, Kevin McKidd, dan Steve Coogan.

Kalau aku bandingkan dengan novelnya, yah, pendapat yang umum sih kalo aku bilang bagus novelnya dari pada filmnya. Tapi memang bener kok. Jauuh lebih bagus novelnya. Di novel kita bisa mendapatkan semua detail yang harus kita ketahui, selain itu emosi dari masing-masing karakter lebih ter explore dan lebih mendebarkan saat membaca novelnya dari pada nonton filmnya. Tapi kalau di filmnya, detail itu semua berantakan, bahkan banyak yang missing. Tapi memang sih, kalau ada novel dan filmnya, memang lebih baik nonton filmnya dulu baru baca novelnya, atau dalam kasus ini, kamu bisa milih, mau baca novelnya aja, atau nonton filmnya aja. Jadi waktu nonton filmnya kita nggak banyak komentar karena membandingkan dengan versi buku. Kalau banyak perbedaan, kecewanya jauh lebih berat kan, karena entah kenapa, kita pasti memihak cerita versi bukunya. Itu sudah pasti.

Seperti biasa, kalau dibandingkan dengan di buku, versi film Percy Jackson ini merubah banyak hal walaupun temanya sama, mencari dan mengembalikan petir asali. Misalnya ni, di filmnya melewatkan adegan saat Percy baru tiba ke Perkemahan Blasteran dan harus tinggal sementara di Pondok Hermes karena belum diputuskan Percy sesungguhnya keturunan siapa. Dewa siapa, maksudnya. Tapi kalau di film, kita langsung tahu kalau Percy adalah anak Poseidon dan langsung ditempatkan di Pondok Poseidon.

Lalu, ada saat dimana Percy di serang Gateway Arch dan terjun dari ketinggian 200 meter ke dalam Sungai Mississippi, ada utusan ayahnya yang meminta Percy ke Pantai di Santa Monica dimana nanti Percy diberi tiga buah mutiara oleh seorang Nereid, utusan Poseidon itu. Lain halnya dengan di film yang mana ketiga anak ini harus mencari mutiara-mutiara mereka sendiri. Yah, seolah mencari mutiara menjadi misi lain selain menemukan Petir Asali. Belum lagi nanti penggunaan mutiara yang juga beda antara di buku sama di film. Kalau di buku, mutiara itu membawa pergi Percy, Annabeth dan Grover dari Dunia Bawah. Sedangkan kalau di Film, posisi Grover di gantikan oleh Ibu Percy sedangkan Grover tetap tinggal di Dunia Bawah. Huft..

Dalam perjalanan, Percy, Annabeth dan Grover bertemu Ares, Dewa Perang. Ares memberi hadiah sebuah tas ransel yang berisi uang, drachma emas, dan oreo. Nyatanya nanti di dalam tas itu Percy menemukan tidak hanya benda remeh, tapi juga benda yang selama ini di carinya, Petir Asali. Jadi kesimpulannya Ares lah yang membuat Percy membawa-bawa Petir tanpa sepengetahuannya, bukan Luke, putra Hermes, melalui perisai pemberiannya seperti halnya cerita di film.

Saat bertemu dengan Hades, kalau di buku Hades menuduh Percy mencuri Helm Kegelapannya dan memaksa Percy untuk mengembalikannya. Padahal Percy sama sekali tidak mengetahui mengenai Helm ini. Tapi kalau di film, hal ini tidak pernah disinggung. Demi menyelamatkan ibunya, Percy terpaksa mencari Helm itu, dan ternyataa, Helm itu juga di pegang Dewa Ares. Ckck.. Tapi Percy berhasil mendapatkannya kok. Hhe..

Tuh kan, cukup besar perbedaannya. Itu aja belum semuanya. Nanti monster-monster yang ditemui pun ada bedanya. Yang jelas, cukup mengecewakan sih menurutku. Padahal rencananya pembuatan Percy Jackson & The Olympians : The Sea of Monsters sudah diumumkan dan rencana pembuatan tahun 2012 besok. Kita lihat aja seberapa parah perubahan cerita di film ke dua ini.

 
1 Comment

Posted by on May 15, 2011 in ------Our News------

 

One response to “Percy Jackson 1 – The Lightning Thief Movie

you have a comment? just write here and post it ^^,

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: