RSS

Kisah-Kisah Tengah Malam

04 May

  • Pengarang               :    Edgar Allan Poe
  • Genre                      :    Horror, Mystery
  • Tebal                       :    248 hlm ; 18 cm
  • Penerbit                   :    Gramedia
  • Harga                      :    40.000 IDR
  • Pertama terbit          :    1995
  • Cetakan                   :    Desember 2010
  • Tanggal Beli             :    4 April 2011

Kisah-Kisah Tengah Malam berisi tiga belas cerita pendek karya klasik Edgar Allan Poe. Masing-masing cerita di sini akan membawa pembaca menuju pengalaman unik yang penuh ketegangan, teror, dan misteri. Beberapa cerpen Edgar Allan Poe yang terkenal seperti Black Cat, The Fall of the Usher, dan Tell-Tale Heart bisa Anda temukan dalam kumpulan cerpen ini.
Saat membaca Kisah-Kisah Tengah Malam, Anda akan diajak memasuki rumah tua misterius, pembalasan dendam, kegelisahan sang pembunuh, hingga terombang-ambing dalam badai di lautan. Dan pada akhirnya, cerpen-cerpen pilihan di sini akan membawa Anda terkagum-kagum pada master horor gotik, Edgar Allan Poe.

Review :

Ya ampun, tua nya cerita-cerita yang ada di buku ini. Rata-rata ya, cerita di sini dibuat antara tahun 1833-1845. Yang paling tua berjudul CATATAN DALAM BOTOL yang dibuat pada tahun 1833. Dari ketiga belas cerita, aku paling suka yang POTRET SEORANG GADIS (1842), OBROLAN DENGAN MUMMY (1845), dan KUCING HITAM (1843).

POTRET SEORANG GADIS ceritanya lebih ke arah menyedihkan. Seorang pelukis ternama melukis potret istrinya selama berhari-hari. Saking berambisi untuk menyelesaikan lukisan itu, ia mengabaikan istrinya yang terus berdiam diri untuk dilukis. Sang Istri hanya menyunggingkan senyum bahagia demi sang suami tanpa mengeluh atau apa sampai sang suami menyelesaikan lukisan itu.

“… Kemudian, di saat berikutnya, dengan pandangan masih terpaku pada lukisan itu, sang pelukis mendadak pucat, lalu berteriak lantang, “Lukisan ini adalah kehidupan! ” ―sebelum memutar tubuh untuk memandang istrinya : “Dia sudah mati!

Ckck.. Bodoh, konyol dan menyedihkan, kan?

Kalau cerita OBROLAN DENGAN MUMMY jauh lebih konyol, dalam artian lucu. Tapi cerita ini ada unsur fiksinya. Yah, cerita-cerita ini memang fiksi, tapi jauh lebih terasa fiksinya! Masa ada mummy kok hidup lagi, ngobrol pula sama para dokter yang mau bedah dia. Trus yang lucu, saat ada adu mulut antara si mummy dengan 4 orang  manusia ini. Mereka berusaha mencari-cari kelemahan antara dua budaya, yaitu budaya zaman mummy masih hidup dan zaman manusia sekarang. Bodoh banget.. Tapi berhasil bikin ketawa, bukannya ngeri.. Hhe..

Nah, buat cerita yang KUCING HITAM ini sadis dan serem. Pokoknya bikin.. iih. Amit-amit dah. Antara sadis dan seremnya tu jadi satu. Ceritanya tu ada lelaki yang sayang banget sama hewan piaraan, terutama kucingnya. Trus kok tau-tau dia mulai jengkel. Lama kelamaan jengkelnya dia membuat dia gelap mata. Dia nyungkil mata si kucing trus berhari-hari kemudian dia nggantung kucing itu. Yaks. Nah, tar dia di hantui rasa bersalah, trus nemu kucing lagi, trus dia rawat dengan niatan baik, nggak bakal mengulang kesalahannya. Sayangnya kejadian terulang lagi dan kali ini jauh lebih parah dampaknya kemarahannya. Ckck. Pokoknya orang ini gila..

Ratingku buat novel ini : 7,2

 
33 Comments

Posted by on May 4, 2011 in Classics

 

33 responses to “Kisah-Kisah Tengah Malam

  1. Maria Nugraheni

    June 22, 2011 at 11:37 pm

    aku juga punya buku ini…. -.-” serem banget….😐
    jadi mikir, si Edgar Allan Poe itu orangnya kayak gimana ya? hehe

     
    • koleksinovelku

      June 23, 2011 at 8:49 am

      aku memang suka karya klasik, tapi sesungguhnya aku sering mrinding kalo liat potret” sang penulis, ya salah satunya Allan Poe ini.. rasanya ngeri kalo liat potret kuno gitu, mana biasanya potretnya tanpa senyum pula.. heuu.. kalo liat hasil karyanya yang satu ini, imajinasinya lebih ke misteri dan kriminalisme.. serem.. tapi entah kenapa nggak semua cerita aku suka.. aku ingat, ada cerita, yang mana tapi aku lupa, pokoknya aku bingung sma jalan ceritanyaa. yg pling aku suka ya yg aku reviewkan itu. itu yg pling aku suka.. km suka yg mana??

       
  2. Maria Nugraheni

    June 23, 2011 at 6:13 pm

    hmm.. aku blm sempet cari fotonya. hehehe…. ini aku lagi mencoba koleksi buku2nya ernest hemingway..😀
    iya… tapi aku pikir ya, ini kan semua cerita imajinasi dia.. ni orang kok kayak ada gangguan kejiwaan gitu.. hehe…. aku baru baca sebagian… yang tell tale heart itu serem juga…. yang black cat itu sadis… 2 cerita itu yang aku inget banget…🙂

     
    • koleksinovelku

      June 23, 2011 at 7:14 pm

      wah, klo buku hemingway ku belum tertarik nii.. masih bertahan di buku” fantasy dan sesekali teenlit😀
      oh, itu yg ngubur mayat pak tua di lantai rumah bukan sih? aku lupa” ingat.. kalo yang itu mnurutku si tokoh utama gila.. heu..
      hhe, iya juga sih.. Allan Poe ini imajinasinya liar, tapi liar yang serem, bukan sekedar fantasy biasa..

       
      • Maria Nugraheni

        June 23, 2011 at 7:26 pm

        buku2nya opa hemingway emang agak membingungkan… sampai sekarang belum kelar aku bacanya… tapi yang aku punya buku kumpulan cerpen gitu. jadi lumayan lah… ada cerita yang aku ngerti, banyak yang engga. wakakakaka…. iya tuh, yang dimutilasi dulu mayatnya… sadis banget… sepertinya memang gangguan itu.. hehe….
        buku ini memang sangat direkomendasikan untuk orang-orang yang sedang ingin bermimpi buruk.. wkwkwkwk….

         
      • koleksinovelku

        June 24, 2011 at 5:52 am

        whahahaha.. klo buku ini nggak ada label buku klasik, entah knapa aku yakin ku nggak bakalan beli deh dulu =p seingetku, cuma punya dua buku horror triller gtu di koleksiku, Kisah-Kisah Tengah Malam ini sama Blind Eye. Tapi Blind Eye pun yang sesadis ini, malah lebih ke mysteri.. hew..

         
  3. Maria Nugraheni

    June 24, 2011 at 5:14 pm

    hehe… yang aku bilang dimutilasi itu maksudnya yang cerita tell tale heart di kisah2 tengah malam… kalo ernest hemingway sih lebih menggambarkan kondisi orang2 putus asa, dan patah arang, hehe… itu sih dari cerita yang udah aku baca. Entah yang lainnya.
    kalo dee, kamu suka baca g?
    aku masukin gambar buku2 koleksiku sih di album fb, bukan di blog. hehe…🙂

     
    • koleksinovelku

      June 26, 2011 at 8:46 am

      wadoo, cerita” sedih yaa?? drama juga lah ituu?
      hmm, dee itu pengarang Indonesia ya? sejujurnya, ku belum menaruh minat banget sama buku Indonesia. hanya segelintir aja yg kubaca dan sejauh ini baru karya Clio Freya, Ilana Tan, Esti Kinasih dan Ken Terate😉 sampai skrng minat terbesarku masih buku terjemahan genre fantasy adventure gitu.. hhe..

       
  4. Maria Nugraheni

    June 28, 2011 at 10:38 pm

    iya… unik2 sih ceritanya….
    yups… Indonesia, tapi menurutku sih dia punya gaya yang berbeda… unik. baik di ceritanya, gaya bahasanya. menarik. hehe…. ilana tan itu yang novel 4 seri musim2 itu ya? aku belum sempet baca atau mencari bukunya. hehe… kalo esti kinasih dari jaman sma tuh suka banget…😀
    aku lagi hobi banget baca novel thriller atau crime karangan john grisham, sidney sheldon gitu… hehe…. kalo fantasy lebih sering nonton filmnya… ^^

     
    • koleksinovelku

      June 29, 2011 at 12:02 am

      iya, ilana yg ngrang 4musim, bagus lhoo ceritanya, ada yg sedih juga😦 tapi bagus.. sayangnya yg Winter In Tokyo ku masi di tempat temenku, jdinya lum ku bikin reviewnya.. hew..
      hu um.. dlu waktu jaman SMA q juga baca dua buku Esti Kinasih. pinjem di perpus. hhe.. tapi ni brusan slese baca yg Jingga dan Senja nya Esti Kinasih, tinggal tunggu jatah reviewnya aja😀
      tapi teutep, novel fantasy masih jadi favoritku skrg ^^

       
  5. Maria Nugraheni

    July 1, 2011 at 10:35 am

    iya… pengen baca deh. tapi blm ada waktu… hehe…. yang 3 buku lainnya udah kamu review? aku belum sempat berkelana di blog kamu. mksudnya belum semua terjelajah dengan baik.. hehe… baru liat yang klasik…🙂 nunggu waktu yang lebih longgar.. maklum, orang sibuk… wakakakakakak *jitakdirisendiri
    nah, yang “jingga dan senja” itu aku sampai sekarang belum baca. terakhir aku baca yang “dia, tanpa aku”…
    hoho… oke… ditunggu yah review-nya… tapi jangan dikasih tau endingnya… wakakakakaka…..

     
    • koleksinovelku

      July 3, 2011 at 12:12 pm

      whahaha… iyaaa.. ni karena aku mulai liburan, aku juga mulai nimbun review buat besok”.. Tapi buat buku Ilana Tan, krn yg satu buku lum ada, yg lain lum ku bikin reviewnya juga😉
      ‘dia, tanpa aku’ bagus nggak? kpan” aku nyari juga deh.. skrg sdang proses baca ‘jingga dalam elegi’ nii.. hhe.. kupikir udah slesai di buku ini, tpi wktu ku tenggok halaman blakang, rupanya ada tulisan ‘tunggu kelanjutannya dalam buku terakhir trilogi “Jingga dan Senja” : Jingga untuk Matahari.” Alamak.. ternyata ada proses pnantiannya lagi😀

       
  6. Maria Nugraheni

    July 6, 2011 at 10:41 am

    hm… agak lama juga saya ga bales komen yah… hehe… kamu kuliah dimana sih? baru mulai libur atau udah lama liburnya? aku ikut semester pendek, jadi tetep aja sibuk… wkwkwkwkwk….
    “dia, tanpa aku” menurutku malah lebih bagus daripada “jingga dan senja”. aku belum baca sih lanjutannya. tapi sejauh ini, menurutku ceritanya lebih unik “dia tanpa aku” daripada “jingga dan senja”. coba aja dicari… oaalaah… ternyata malah trilogi yah? ck… kirain cuma sampai jingga dalam elegi aja… wkwkwkwkwk….. udah berasa nungguin sinetron aja… wakakakaka….

     
    • koleksinovelku

      July 6, 2011 at 4:10 pm

      uda 2 mgguan lbur.. aku jg ada smacam smter pndek, tp bukan smster pndek.. tp baru mulai mggu dpan sih, jdi lum sbuk lagi.. hhe.. aku kulia di UII..
      iyaa, kmrn wktu aku ke toko buku uda cari buku ‘dia, tanpa aku’, tapi sayangnya di tmpat yg aku kunjungi nggak ada buku itu.. kpn” kucoba ke tempat lain deh.. aku jdi pnasaran..😀 yg Jane Eyre akhirnya aku baca niih.. tp lum nyampe jauh bnget.. wew, kdng” bahasanya lumayan brat oey, khas bahasa novel klasik, sopan dan kadang berbelit🙂

       
  7. Maria Nugraheni

    July 10, 2011 at 10:01 pm

    waaah…. aku sudah lupa caranya bersantai… hahaha… nasib anak hiperaktif… selalu punya kerjaan. -.-”
    oh… di UII ya? fakultas apa?
    selamat mencari! dan selamat membaca (kalo udah ketemu)! juga selamat membuat review (kalo udah dibaca) hahaha….😀
    hmm…. iya… si charlotte bronte kan lahir jama dulu… wkwkwkw…. pride and prejudice kayaknya juga begitu sih gaya2 bahasanya…. wkwkwkw….. sama2 novel klasik…. ^^

     
    • koleksinovelku

      July 11, 2011 at 7:14 am

      akhirnya dapet lhoo ‘dia, tanpa aku’ nyaa.. hhehe.. hasil muter” Jogja ituu.. tpi masi tunggu antrian dulu bacanya.. bru baca ‘shopaholic 3’ nii..
      wah iya, pride and prejudice besok” lgi aj deh bacanya, ampun, nggak sanggup aku disuru baca yg full drama lagi.. ini aj aku uda ngebet nyelesaiin ‘shopaholic 3’ biar bisa baca ‘awakened’. kangen buku fantasy.. hhahaha..
      q ambil fak.kdoktran.. hhe..

       
  8. Maria Nugraheni

    July 15, 2011 at 9:19 am

    waaaa…. oke oke… selamat membaca. hehe..
    aku lagi baca buku “misteri soliter’, bagus lho… gabungan antara filsafat dengan fantasi… hehe…. rekomendasi dosenku itu….
    mini shopaholic uda baca blm? aku belum baca… ahahahaha….. -.-” pengen, tapi blm sempet juga… hehe…..
    oh… calon dokter yaa?🙂

     
    • koleksinovelku

      July 15, 2011 at 11:31 am

      bru proses baca ‘dia, tanpa aku’ nii.. hhe..
      bgus ya misteri soliter? kpn” cb q cari deh🙂
      belum dong, aku bru sampai buku ke-3 shopaholic sdgkn mini shopaholic kan buku ke-6. prosesnya masi pnjg oey😉
      hhe, Insyaallah, amin.. tp proses jdi dokter pun jg pjaaang kali😛

       
  9. Maria Nugraheni

    July 17, 2011 at 12:43 pm

    wew…. akhirnya yaaa… berapa buku yang kamu lahap dalam waktu seminggu? hehe… misteri soliter baru aku baca setengah, dan ke-pending karena baca supernova dulu… hehe… abis ni mau lanjut lagi baca misteri soliter…. kalo menurutku sih bagus, sedikit membingungkan… tapi membuat bertanya-tanya dan mempertanyakan hal-hal yang belum aku pertanyakan sebelumnya… haha… mulai berfilsafat…😛
    oooh…. aku blm baca sama sekali malah… baru nonton filmnya…. ^^
    hohoho…. iyaa… kebayang deh jalan yang harus dilalui sebelum jadi dokter… banyak baca novel dengan tokoh dokter…. hehehe…. ^^

     
    • koleksinovelku

      July 17, 2011 at 6:55 pm

      ahhahai, udah slese q baca malahan.. baguuus ya ‘dia, tanpa aku’😀 aku sukaa..
      waduh, kayaknya misteri soliter lumayan berat. q pending jg deh.. lgi ogah bca yg brat-brat.. ckup buku plajaran aj😛
      nah, itu filmnya malah beda gitu sama bukux.. cm gris bsarnya aja yg sma.. huh..

       
  10. Maria Nugraheni

    July 20, 2011 at 7:29 pm

    yuuhuuu… ada adegan unik bin so sweet yang aku suka di novel itu…. waktu si cowok itu (lupa aku namanya, hehe) benerin ikatan rambut citra di lapangan basket… ahahahahaha….. diikuti pandangan teman2 mereka yang sedang berada di lokasi yang sama…. cuma bisa ber-cieee dalam hati waktu baca…😛
    yeeep… untuk buku itu aku baca sampai dua kali, biar lebih mudeng…. ini udah kelar sih… baca novel yang lain… yang lebih ringan, baik secara ketebalan buku maupun isi.. hehe….
    oooh iy ta? aku dlu waktu SMA pernah baca shopaholic and sister. tapi yang confession of shopaholic aku belum baca… hehe…

     
    • koleksinovelku

      July 20, 2011 at 8:30 pm

      whhahaha.. iya, itu adegan yg manis🙂 aku jg suka oey.. yg jlas aku suka bnget sama cara Esti Kinasih menggambarkan ceritanya.. entah kenapa ‘khas Timur’ banget.. dong kan mksudku?
      ya ampun, padahal shopaholic and sister mlh buku ke4. hhaha.. skrg sih buku itu jg lgi masuk di daftar bacaku, tpi yg terbawahbawah, soalnya masih banyak buku Cathy Hopkins yg mau q baca dl..

       
  11. Maria Nugraheni

    July 23, 2011 at 8:54 am

    iya… sweeet bangett.. cuma mikir juga sih, ada nggak ya yang kayak begitu di dunia nyata… hehe…. sedikit banyak aku nangkep sih maksud kamu. tapi aku kemarin agak2 mikir kalo gaya tutur n cerita esti kinasih dari ‘dia, tanpa aku’, sama jingga dan senja itu agak beda deh… lebih bagus ‘dia, tanpa aku’, kalo menurutku… lebih orisinil… hehe… itu pendapatku sih….🙂
    waaah… cathy hopkins… aku udah lama banget ga baca tuh… dulu ngikutin novel serial mates, dates itu waktu masih SMP… hahaha…. sekarang udah jarang bgt baca teenlit… :))

     
    • koleksinovelku

      July 24, 2011 at 10:02 am

      waduh, keren kali kalo di dunia nyata ada gt.. hha.. hidup tu cewek pasti penuh warna deh😛
      mungkin karena ceritanya jdi nggak perlu ngulur kali ya, tau kan, ‘jingga dan senja’ kan berseri, belum lagi dengan akhir yang ngantung (kayak sinetron).. terlepas dari cara Esti Kinasih mengakhiri buku, aku memang suka dengan jalan ceritanya.. sedangkan ‘dia, tanpa aku’ buku tunggal dan aku memang lebih suka teenlit dibikin tunggal dari pada seri🙂

       
  12. Maria Nugraheni

    August 2, 2011 at 6:32 pm

    waaah. maap yak baru sempet bales… hehe…. sibuk…. wakakakakaka…..
    yep, setuju…. jadi langsung tahu endingnya gimana…. hehe…. kalo serial tuh kadang2 males ngikutin… atau kalo baca no.1 nya dan no.2 nya ada jeda yang cukup lama… kadang2 udah lupa duluan…. hehehe…. tapi jingga dan senja tuh teenlit terakhir yang aku baca tahun ini. hahaha… belum baca yang lain… udah ga ngikutin juga. hehe

     
    • koleksinovelku

      August 4, 2011 at 4:08 pm

      hhaha, slamat bersibuk ria deh mbaknyaa🙂
      ni aku mlh lgi ngincer teenlit” Indonesia oey. numben. wkakaka.. ntah knp lgi pingin..

       
  13. chairun nisa oktarina

    February 15, 2012 at 8:40 pm

    dimana beli nya?? aku mau

     
    • uchii waode

      February 24, 2012 at 2:13 pm

      Hmm , sprti.y mnarik .. aku jg suka bgt bca novel ,🙂
      illana tan , ken terater , teenlit yg aq bca wktu zman SMP , udh lpa2 jg crita.y .. hehe😀
      btw slam kenal yaa smwa😉

       
      • koleksinovelku

        March 2, 2012 at 5:25 pm

        iya uchii, salam kenal juga yaa😀

         
    • koleksinovelku

      March 2, 2012 at 5:19 pm

      uda nyoba cari k gramedia blum?🙂

       
  14. melmarian

    March 9, 2012 at 3:29 pm

    Aku ijin reblog resensi2 klasikmu utk bacaklasik.wordpress.com ya… tengkyu ^^

     
  15. melmarian

    March 9, 2012 at 3:32 pm

    Reblogged this on Baca Klasik.

     

you have a comment? just write here and post it ^^,

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: