RSS

Abarat

20 Apr

  • Pengarang               :    Clive Barker
  • Genre                      :    Fiction-Adventure
  • Tebal                       :    440 hlm ; 23 cm
  • Penerbit                   :    Gramedia
  • Harga                      :    99.000 IDR
  • Pertama terbit          :    1 Januari 2002
  • Cetakan kedua         :    November 2007
  • Tanggal Beli             :    8 Januari 2010

Peristiwanya berawal di tempat paling membosankan di dunia: Chickentown, U.S.A. Kota yang lebih banyak dihuni ayam daripada manusia. Di sinilah Candy Quackenbush tinggal. Dan ia bertanya-tanya, seperti apakah masa depannya nanti.

Jawabannya datang secara tak terduga. Pertemuan mendadak dengan John Mischief (dia punya 7 saudara yang tinggal di tanduk-tanduk di kepalanya), dan kemunculan Laut Izabella entah dari mana, membawa Candy ke dunia lain.

Dunia bernama ABARAT: kepulauan luas yang tiap pulaunya memiliki jam berbeda. Mulai dari Pulau Yebba Dim Day yang jamnya selalu Jam Delapan Malam, Pulau Nonce yang indah dan selalu berada pada Jam Tiga Siang, sampai Pulau Gorgossium alias Pulau Tengah Malam yang dihuni oleh Christopher Carrion, Pangeran Tengah Malam yang suka meneror orang dengan mimpi-mimpi buruk.

Candy berpindah dari satu tempat ke tempat lain, mendapat teman-teman baru dan musuh-musuh aneh ―serangga-serangga bermesin, kupu-kupu raksasa, kucing-kucing belang, manusia dari lumpur, tukang sihir jahat dan budaknya yang ketakutan― dan akhirnya ia sadar: ia pernah berada di sini.

Pasti ada sebabnya, kenapa ia berada di sini: ia “dibawa” ke Abarat untuk menyelamatkan kepulauan ini dari kekuatan-kekuatan jahat yang sedang menggeliat bangkit di jantungnya. Kekuatan-kekuatan yang lebih tua dari Waktu, dan lebih jahat daripada apa pun yang pernah dilihat Candy.

Aneh rasanya, menjadi pahlawan di sini. Tapi abarat memang dunia aneh.

Dan di sini segala sesuatu mungkin terjadi.

Review :

Novel imajinatif yang keren!! Bener-bener keren.. wow. Tahu kenapa? Clive Barker menyertakan gambar-gambar aneh yang merupakan ilustrasi dari tokoh dan dunia buatannya. Gambar ini merupakan lukisan-lukisannya sendiri dan lebih dari seratus lukisannya ada di novel jilid pertama ini. Selain itu ya, novel ini juga menyertakan sebuah peta besaar sebagai gambaran tentang lokasi dunia Abarat. Yang jelas, kamu ngikutin novel ini serasa dituntun oleh Barker sendiri. Jadi kita bisa tahu, gimana sih dunia Abarat di dalam imajinasi Barker.

Aku baca buku ini ya tiap buka halaman yang ada gambarnya pasti berhenti bentar buat ngamatin gambar itu. Sayangnya dulu aku baca seri Abarat yang buku kedua nya dulu, waktu itu nggak sadar. Baru akhir-akhir aku tahu kalau ternyata aku baca buku kedua. Hhe..

Di peta Abarat, kita mendapat penjelasan mengenai lokasi pulau dan juga karakteristik masing-masing pulau. Misalnya ni, Pulau Jam 02.00 Siang―ORLANDO’S CAP, dinamakan demikian karena bentuknya seperti topi. Di sini ada rumah sakit jiwa yang pasien-pasiennya melukis dan mematung, sering kali dengan menggunakan warna-warni delusif. Trus ada Pulau Jam 03.00 Siang―NONCE, adalah pulau yang indah, hijau subur, dan membuat orang mengantuk. Suara nyanyian ular-ular memenuhi udaranya. Orang-orang yang tertidur di pulau ini ―dan jumlah mereka banyak sekali― akan mengalami mimpi-mimpi yang sangat luar biasa. Selain itu ada Pulau Jam 04.00 Sore, Jam 05.00 Sore, dan seterusnya, dan seterusnya, dan yang pasti bakalan beda dari yang lain.

Jadi teman-teman, kusarankan buat kamu yang nggak suka dunia imajinasi yang penuh khayalan aneh dan berlebih, juga buat kamu yang nggak suka berimajinasi, sebaiknya lewatkan saja buku ini karena sungguh, itu berarti buku ini benar-benar nggak cocok buatmu. Yah, walaupun sayang buat dilewatin sih…🙂

Ratingku buat novel ini : 8,2

 
6 Comments

Posted by on April 20, 2011 in High Fantasy

 

6 responses to “Abarat

  1. Sooya9

    November 27, 2011 at 8:01 pm

    Agree~!
    You have the 4th and 5th book of this series?
    I want to buy but still in english version

     
  2. kin

    August 31, 2012 at 9:46 am

    emg keren bgt tuh ABARAT

     
  3. UQ

    December 16, 2012 at 11:48 am

    aku sedang mencari edisi 2_nya… wah, ganyangka ternyata sampe edisi ke-5
    Tapi benerBENER nih novel keren ABISH!

     
  4. Risan Bagja

    January 17, 2013 at 9:52 pm

    Dijual gak Mbak novel Abaratnya? Lagi nyari nih.🙂

     

you have a comment? just write here and post it ^^,

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: